Jokowi Temui Prabowo, Dunia pun Jadi Tenang

Share:

Ini tradisi politik yang baik jika Prabowo Subianto yang tadinya musuh gerot presiden terplih Joko Widodo menjadi sahabat yang baik dalam waktu sekejap dimata nusantara dan dunia. Tapi masalahnya, kenapa baru sekarang Prabowo bersikap begitu?

Terlepas lambat atau cepat sikap Prabowo, tapi ini sinyal sangat baik untuk masa depan bangsa dan Negara Indonesia. Ini perlu diapresiasi, sikap legowo Prabowo bukan terlambat tetapi justru tingkat kecerdasan yang luar biasa. Prabowo seorang politisi sejati yang mampu membuat Koalisi Indonesia Hebat menghela nafas panjang dan sempat mendebarkan jantung.

Entah ini dipahami Jokowi atau tidak, yang jelas pertemuan mereka membuat semua pihak tercengang sekaligus gembira dan terharu. Fenomena ini tidak terjadi pada Pilpres 2009 antara Presiden SBY dengan Megawati Soekarnoputri.

Meski pertemuan itu baru terjadi beberapa saat menjelang pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI 2014-2019, ini menunjukan proses transisi kepemimpinan yang cukup baik. Sayangnya, pertemuan kedua tokoh besar ini mengubah sikap politik Koalisi Merah Putih di parlemen. Koalisi Merah Putih akan tetap solid dan kritis. 

Utungnya, gesekan antarpendukung keduanya akan berkurang dan lebih mencair karena kedua tokoh puncak sudah bertemu dan mencairkan ketegangan yang terjadi selama ini. 

Hal serupa pernah dicontohkan Barak Obama dengan Jhon McCain. Usai Obama ditetapkan sebagai pemenang, McCain langsung memberikan selamat dan mengajak semua pihak bersama-sama menggerakan roda pembangunan. Coba kalau kejadian seperti ini terus terjadi di negeri ini, niscaya Indonesia tidak akan tenang dan tidak akan terpecah belah seperti beberapa waktu lalu.(Isur)

No comments