Selamatkan Sungai Kita Supaya Bersih dan Layak

Share:


"Riverside Clean Day"
Oleh: Mahendra Nugraha

Masalah sampah merupakan masalah yang tidak akan selesai dibahas sampai kapan pun dan sungai merupakan salah satu tempat yang dijadikan pembuangan sampah oleh masyarakat. Di latar belakangi oleh masalah diatas, Terinspirasi oleh Bupati Tasikmalaya ke XIV yaitu Bupati R.A.A. Wiratanuningrat yang memerintah pada tahun 1908–1937 yang pada waktu masa pemerintahannya pernah mengadakan acara “LALAOEKAN” yaitu acara bersih–bersih sungai dari Cimulu sampai Cikalang.
Kami tergerak untuk memberikan suatu penyuluhan akan pentingnya sungai di kehidupan sekitar kita. Karena sungai merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan. Maka dari itu kami mengadakan program “RIVERSIDE CLEAN DAYS” untuk membersihkan daerah pinggiran sungai dan sekitarnya serta penanaman ikan di sungai.
Tujuan diadakannya “RIVERSIDE CLEAN DAYS” ini adalah untuk mengurangi debit sampah yang berada di sungai, membersihkan sungai dari benda kristoling yaitu kristal, botol dan beling, membuat penangkaran ikan dimana kita sangat merindukan keberadaan ikan hidup di habitatnya.

Salah satu sub-program dari “RIVERSIDE CLEAN DAYS” ini adalah program SIUS (Sumbang Ikan Untuk Sungai), dimana kita akan mengkampanyekan ke sekolah-sekolah, dari mulai tingkat yang paling dasar sampai ke tingkat yang paling tinggi. Lalu kampanye ke masyarakat untuk menyisihkan uang jajan, dengan membeli 1 ikan atau lebih untuk dimasukan ke sungai yang telah kita rawat.

Bertempat di desa Sindang Hurip, Cikalang, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. Kami bersama warga setempat bahu-membahu membersihkan Sungai Cikalang dari sampah. Acara “RIVERSIDE CLEAN DAYS” ini berlangsung 2 hari, pada hari sabtu 16 mei 2015, kami dan warga membersihkan sungai terlebih dahulu serta membuat penyaringan sampah yang terbuat dari bambu.

Sedangkan pada hari minggunya kegiatan dimulai pada pagi hari, acara dimulai dengan senam pagi yang dilanjutkan membersihkan sisa–sisa sampah yang tersangkut di saringan yang dibuat oleh warga. Acara dilanjutkan dengan pelepasan bibit ikan ke Sungai Cikalang. Lalu ditutup dengan penandatanganan spanduk sebagai bentuk dukungan kepedulian terhadap kebersihan sungai. Jadikan sungai sebagai rumah ikan bukan sebagai rumah sampah!!!
Wassalam,


Mahendra Nugraha

No comments