Tidur Berkualitas dan Sehat

Share:


Ada beberapa tulisan yang saya sarikan dari berbagai sumber. Tidur, bentuk istirahat yang dapat membuat kondisi vitalitas tubuh menjadi semakin baik. Kurang tidur berakibat buruk, begitu pun kebanyakan tidur juga tidak baik bagi kesehatan tubuh dan mental kita.

Kata sebagian pendapat ahli kesehatan, tidur lebih dari tujuh jam sehari dapat memperlambat alur hidup, dengan kata lain mempercepat datangnya kematian. Mereka yang tidur rata-rata delapan jam malam hari menambah risiko meninggal sebanyak 12%.

Penelitian yang dilakukan pada 2002 itu mendata lebih dari sejuta penduduk Amerika Serikat berusia di atas 30, berlangsung antara 1982 hingga 1988. Penelitian yang tidak jauh berbeda dilakukan selama setahun penuh di rumah sakit Brigham and Women Hospital di Boston, menghasilkan kesimpulan yang sama.

Pendapat lain dari Dr Jerome Siegel dari University of California Los Angeles menemukan angka harapan hidup menurun jika tidur jauh di bawah tujuh jam. Namun angka ini tidak sedrastis jika tidur lebih dari delapan jam.

Namun demikian sebagian pakar yang meneliti masalah tidur menolak mengambil kesimpulan banyak tidur cepat mati. Karena temuan itu hanya berdasarkan korelasi, alias hitung-hitungan semata, namun tidak menunjukkan apa penyebab dan pengaruhnya secara medis. Satu-satunya asumsi adalah mereka yang terlalu banyak tidur cenderung mudah sakit karena badannya lesu kurang gerak.

Ada beberapa tips menarik yang ditulis di vemale.com, saya kutip karena cukup bagus untuk referensi tidur kita.  Awal tahun 2015 merupakan hari awal dimana kita membuat rencana-rencana yang harus dilakukan dan dimiliki selama setahun ke depan. Dari sekian banyak rencana, salah satu rencana yang perlu dimiliki adalah memiliki tidur berkualitas.

Istirahat cukup melalui tidur bisa menjaga kondisi fisik maupun psikis tetap terjaga dan bahagia. vemale.com juga melansir pendapat dari entrepreneur.com, untuk memiliki tidur berkualitas di tahun 2015, kita perlu menyimak beberapa hal yang mungkin bermanfaat.

1. Tetapkan Tujuan Dan Rencana
Agar tenang sepanjang tahun, pastikan Anda membuat tujuan dan rencana hidup jelas selama setahun ke depan. Tetapkan waktu kapan Anda harus istirahat dan cobalah untuk bangun lebih awal dari biasanya. Meskipun berada dalam himpitan pekerjaan, tujuan dan rencana yang jelas bisa membantu kita menyelesaikan masalah dengan cepat serta tepat.

2. Motivasi
Pastikan memiliki motivasi yang tinggi terhadap apa yang Anda lakukan. Motivasi bisa memicu semangat seseorang menjadi lebih baik. Motivasi yang kuat juga memicu seseorang memiliki tubuh dan pikiran lebih sehat. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Kamar Tidur
Untuk memiliki tidur berkualitas, pastikan memiliki kamar tidur yang nyaman. Desain kamar tidur Anda senyaman dan secantik mungkin. Usahakan kebersihan dan keindahannya selalu terjaga. Untuk suasana lebih rileks, Anda bisa menentukan warna dan menggunakan lampu tidur yang bersifat lebih soft serta tenang.

4. Benda Elektronik
TV, Radio, Internet dan Ponsel merupakan beberapa benda elektronik yang bisa mengganggu konsentrasi tidur seseorang. Saat tidur, cobalah untuk mematikan dan menjauhkan diri dari benda-benda tersebut. Selain bisa membantu Anda memiliki tidur berkualitas, melakukan hal ini dipercaya menjamin kesehatan psikologis Anda.

5. Makanan dan Minuman
Pastikan untuk konsumsi makanan dan minuman sehat. Jaga pola makan dan nutrisi tubuh. Hindari kafein, nikotin dan minuman yang mengandung alkohol ataupun narkotika untuk dapatkan tidur berkualitas. Pada malam hari, mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit protein misalnya kacang-kacangan, roti gandum, kerupuk, sayuran dan popcorn sangat baik untuk dapatkan tidur berkualitas.

Penting juga untuk kita lakukan, minum air mineral satu gelas setengah jam sebelum tidur akan membuat paru-paru kita bersih dari oksidan. Begitu pun saat bangun tidur minum satu gelas air mineral akan mengawali vitalitas yang kokoh. Tidur akan cepat terjadi, dan bangun tidur akan terasa enteng untuk nafas kita. Ini pengalaman saya selama bertahun-tahun. Bagi perokok, minum sebelum dan sesudah tidur akan mengikis nikotin di dalam dada.

Itulah tips mudah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas. Pastikan kita selalu dalam keadaan rileks dan jauh dari stress. Selain sehat, tidur berkualitas bisa menjamin kinerja dan tingkat keproduktifan diri kita. Dijamin pula, kita bisa lebih bahagia sepanjang tahun 2015.


Wassalam.

No comments