Cara Membuat TV Streaming

Share:
SEJAK tahun 2000-an tv streaming memang sedang ngetren di semua stasiun televisi nasional. Mereka semua sudah mengaitkan tv analognya dengan tv streaming. Namun belakangan langkah ini diikuti sejumlah tv lokal di indonesia. Bahkan ada tv streaming yang kini eksis di tv broadcast. Pada prinsipnya hanya ada dua tv di dunia, yakni tv broadcast dan tv broadband.


TV Broadcast lebih mengandalkan sinyal frekuensi berdasarkan UU Penyiaran. Sedangkan TV Broadband mengandalkan sinyal non-frekuensi atau lebih dikenal dengan tv internet. Jangkauannya tentu saja lebih luas tv broadband, tersiar di seluruh lapisan dunia dengan mengandalkan pita lebar internet.

Di indonesia terdiri dari sejumlah provinsi dan di setiap kabupaten bermunculan tv-tv lokal, seperti halnya di Bandung ada Bandung TV, STV yang kemudian dimerger dengan Kompas TV, Rajawali Televisi asal dari CT-Channel, Net asal dari Spacetoon, Garuda TV yang sekarang dimerger dengan O-Channel, ada juga PJTV yang asalnya dari Pajajaran TV, INEWS, MQTV, RADAR TASIK TV, RCTV Cirebon, belakangan muncul juga I-Channel. Mereka sekarang sudah disertai dengan tv online (streaming) agar bisa diakses di seluruh dunia.

TV Streaming sebenarnya adalah bentuk lain dari proses penyiaran tv analog atau digital yang dikonversi ke internet. Bahkan, TV streaming ini rata-rata dikolaborasi dengan aplikasi-aplikasi di smartphone. Lihat TVRI yang sudah dulu melakukan inovasi ini, disusul MetroTV, ANTV dan beberapa stasiun tv swasta besar lainnya.

Kalau mereka tidak membuat TV streaming, mereka merasa ketinggalan jaman. Namun mereka masih memikirkan biaya yang dikeluarkan, pasti mahal. Sebenarnya tidaklah mahal. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin membuat TV streaming, baik yang sudah memiliki TV analog dan digital, maupun yang sama sekali hanya memiliki TV streaming via internet. Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat TV streaming antara lain:

1. Website
Jika kita akan membuat TV streaming, yang pertama harus dibikin tentu saja website. Fungsi website sebagai media display TV streaming tersebut.

2. Server Video Streaming
Server video streaming. Kita harus menyewa server video streaming yang akan berfungsi sebagai server broadcast tv anda. Sudah banyak di online sebagai penyedia server video streaming.

3. Komputer untuk Streaming
Ini sangat penting. TV Streaming tidak akan berfungsi jika tidak dengan kendaraannnya berupa komputer. Alat ini berfungsi untuk broadcast ke server atau mengirim data streaming ke server. Spesifikasi komputer yang disarankan minimal dual core dengan RAM 2 Gigabite, lebih tinggi lebih baik.

4. Koneksi Internet
Komputer sudah lengkap, tetapi justru komputer yang harus konek ke internet. Koneksi internet ini sangat wajib untuk sebuah tv streaming, harus dimiliki kalau ingin membuat tv streaming. Internet membantu proses broadcasting agar cepat. Sangat disarankan menggunakan koneksi internet berkuatan 2 Mb atau 1 Mb yang dedicated 1:1

5. Sumber Video
Sumber video ini bisa menggunakan USB TV tunner, atau bisa menggunakan handycam maupun menggunakan video recorder. Sumber video inilah yang akan kita broadcast ke internet dan disematkan di website.

Syaratnya hanya 5 item tadi yang harus dipenuhi untuk membuat tv streaming, Sangat murah kurang dari 5 juta anda sudah bisa memiliki website tv streaming dengan kualitas super ekstra.

Lima syarat tadi belum cukup jika tidak ditunggu oleh web master dan tentu saja keseriusan. 

Paling penting jika kita akan membuat stasiun tv internet hanya ada 4 hal:
1.Modal
2.SDM
3.Equipment (Peralatan teknis) 
4.Manajemen

Tanpa keempatnya, kita tidak akan bisa menjalankan bisnis tv streaming ini. Namun paling penting dari semuanya itu tentu saja modal dan manajemen, karena SDM bisa direkrut jika ada modal kuat. Peralatan bisa dibeli jika tersedia modal yang cukup.

Selamat Mencoba ... !!!

No comments