Nasi Jamblang Saat Ini Bukan Asli (3-habis)

Share:
 Oleh: SURYANA -----

Bagaimana dengan nasi jamblang yang kini beredar di Cirebon? Orang Cirebon  mengkultuskan Mang Dul (Dul Razak) sebagai pencetus nasi jamblang. Entah dari mana Mang Dul ini mengklaim dirinya sebagai pemegang paten nasi jamblang. Namun orang Cirebon dan luar Cirebon menganggap Mang Dul adalah satu-satunya tokoh pencetus nasi jamblang.

Sejumlah pedagang nasi jamblang di Cirebon hanya mengakui guru mereka dalam bisnis nasi jamblang adalah Mang Dul. Sedangkan Mang Dul sendiri berasal dari Kampung Gombang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon yang beristerikan penduduk sebelah barat Pasar Jamblang.

Bedanya nasi jamblang asli dengan yang sekarang beredar, menurut versi Mang Dul, ialah lauk-pauknya ditambah ayam goreng, balakutak, pepesan, telor dadar, semur telor, dll, meski tidak menghilangkan lauk-pauk aslinya.

"Saya hanya mengetahui nasi jamblang berasal dari Mang Dul, saya juga jualan disini karena belajar dari kesuksesan Mang Dul," kata Yati, 35, pedagang nasi jamblang di Jln Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon. Yati hanya membeli daun jati di Pasar Jamblang, begitu pun pedagang nasi jamblang lainnya.

Mayoritas pedagang nasi jamblang di Cirebon bukan asli penduduk Jamblang, Desa Kesugengan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, sehingga tidak sama persis dengan cita rasa nasi jamblang aslinya. Namun demikian, keturunan pewaris resep nasi jamblang sangat bersyukur, karena masih ada orang lain yang melestarikan warisan leluhur pencetus nasi jamblang.

Sementara mengenai resep asli nasi jamblang tidak akan diberikan kepada siapa pun, kecuali keturuannya yang mau meneruskan warisan leluhurnya. "Sayangnya tidak ada yang mau, karena capek pengolahannya," kata Yoyon.(SURYANA)

No comments