Nasi Jamblang yang Melegenda (1)

Share:


Oleh: SURYANA -----

NASI Jamblang, identik dengan Cirebon. Orang mana pun jika mau merasakan 'nyawanya' Cirebon, harus pernah merasakan nasi Jamblang. Meski hanya sekedar sebungkus nasi berpiring daun jati, namun nasi Jamblang menjadi maskot wisata makanan khas Cirebon dan gaung nama makanan ini sudah sampai ke negeri Belanda.

Jika ingin merasakan nuansa Cirebon, syaratnya harus pernah makan nasi jamblang. Dari nasi itulah orang batak, sunda, jawa, padang, dll, mampu belajar bahasa Cirebon dengan cepat dan mudah jika sudah pernah makan nasi jamblang. Begitu hebatnya pengaruh nasi jamblang hingga banyak orang penasaran. Itu sebabnya orang Cirebon menjual nasi jamblang di sembarang tempat, termasuk di trotoar dan mall.

Hasil pemantauan penulis, di Cirebon sedikitnya ada 200 warung penjaja makanan nasi jamblang. Mereka menanak nasi dan menjualnya sendiri. Ada bandar yang menjadi pemasok nasi jamblang ke sejumlah pengeber (pedagang kecil). Itu sebabnya  nasi jamblang menjadi simbol ekonomi kerakyatan. Selain harganya murah nasi jamblang juga disukai banyak kalangan.

Setiap bulan ramadan, para pedagang nasi jamblang membuka warungnya mulai pukul 16.00 hingga pagi. Mereka sengaja menyiapkan untuk buka puasa dan makan sahur warga Cirebon yang tidak sempat masak sendiri. Meski hanya nongkrong di pinggir jalan, nampaknya para penikmat nasi jamblang terlihat enjoy menikmati nasi khas Cirebon ini. Bahkan, tren makanan barat semisal Pizza Hutt, Kentucky Fried Chicken, dan Mc Donal sekalipun kalah pamor oleh nasi jamblang.(BERSAMBUNG)

No comments