Dede Yusuf, Pilih Jabar atau Nasional?

Share:

MESKIPUN pemilihan gubernur Jawa Barat masih relatif jauh, Desember 2017, namun fenomena untuk masuk ke wilayah pesta demokrasi lima tahunan tingkat provinsi itu sudah mulai muncul. Kalau beberapa pekan lalu Eka Santosa yang memulai, giliran Dede Yusuf yang masif ke seantero Jawa barat. Dia punya kekuatan sebagai Ketua Komisi IX DPR RI, langkahnya pun sangat leluasa. Akankah dia kembali merebut posisi Jabar-1? 

Jika dibandingkan antara kepentingan Jawa Barat dengan garapan nasional, Dede Yusuf tentu akan memilih yang lebih luas dan banyak. Penduduk Indonesia yang sedang dia garap saat ini mencapai 250 juta di komisi IX DPR RI. Karena Dede Yusuf adalah ketuanya. Sedangkan di Jawa Barat hanya 50 juta penduduk yang notabene pernah membuat dirinya terpental saat Pilgub Jabar 2013 lalu.

Di studio terbuka Tatali News Cooperation, Jalan Anggrek Nomor 42 Bandung, Rabu kemarin, Dede Yusuf berdiskusi dan bercengkerama dengan puluhan awak media dan budayawan Bandung. Dalam diskusi itu Dede Yusuf tidak membahas dirinya dalam konteks Pilgub Jabar 2017. Dia memaparkan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. 120 juta penduduk sedang diikutsertakan dalam program itu. Sisanya masih dalam proses untuk sektor non-formal. 

Namun demikian pria gagah yang memiliki nama asli Yusuf Macan Effendy ini sesekali nyindir soal kinerja gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Ternyata Heryawan alias Kang Aher tidak terlalu berdampak positif bagi masyarakat Jawa Barat. Sindiran Dede Yusuf diamini Rahman dari Ikatan Sarjana Tunanetra. Gubernur Aher dianggap tidak peduli kaum disabilitas, terutama dalam dunia ketenagakerjaan. 

Sementara mengenai keterlibatan dirinya dalam Pilgub Jabar 2017 nanti, Dede Yusuf menyerahkan kepada masyarakat dan sistem yang berjalan. Bahkan, Dede Yusuf lebih suka membicarakan dirinya di Pilgub Jabar, nanti saja di 2017. Mohon diklik video di bawah ini...!!

Takut Didoakan Buruk
Sebelum pulang, Dede Yusuf sempat berdiskusi pribadi dengan Rahman, sarjana tunanetra di Bandung. Dede berharap tidak ada doa buruk dari Rahman atas dirinya. Dede Yusuf juga akan berusaha membantu kesulitan Rahman dan kaum disabiitas se-nusantara.

No comments