8 ALASAN PARA PEMIMPIN ORGANISASI PERLU PUNYA WEBSITE

Share:


Di zaman sekarang, mengapa banyak orang membutuhkan website?” Tidak perlu punya koran atau tv sendiri, tetapi dengan kehebatan internet, semua orang bisa eksis. Kita bisa terkenal hanya dengan biaya murah.

Membuat koran dengan perangkat sederhana saja butuh Rp2 miliar hingga Rp3 miliar. Demikian juga mendirikan tv lokal butuh modal diatas Rp5 miliar bahkan hingga Rp10 miliar. Belum lagi harus berurusan dengan KPI dan Ditjen Postel untuk ijin dan buking frekuensi (kanal) yang kini sudah habis. Membuat website (media online) sendiri, menjadi pilihan paling tepat. Mudah dan murah kah?

Dulu, seorang calon walikota, calon bupati, calon gubernur, ingin terkenal dengan blocking time siaran tv, bahkan membeli rubrik khusus dan pasang iklan dengan biaya yang lumayan besar. Kini, selain pilkada dibiayai KPU Daerah, juga para calon bisa membuat media online sendiri (website) yang super murah. Saya ingin bagikan kepada pembaca, 8 alasan mengapa kita perlu memiliki website.

1. Website Dapat Meningkatkan Kredibilitas
Saat ini, semakin banyak orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah produk atau jasa. Pencalonan di pilkada akan mendapatkan sambutan meriah dari calon pemilih dengan memiliki website. Karena apabila tidak memilikinya, maka calon pemilih akan pergi ke kompetitor yang memiliki website. Apabila kita sudah memiliki website yang ‘dibuat sendiri’, merubahnya dengan tampilan professional akan membuat pencalonan terlihat lebih gagah, pada akhirnya akan memberikan kepercayaan kepada calon pemilih.

2. Website Menghemat Uang
Kita mungkin berpikir bahwa untuk membuat website profesional membutuhkan biaya besar. Tetapi ini lebih menguntungkan dibanding tidak memiliki website sama sekali. Selain itu, menjaga sebuah website yang sudah berjalan akan lebih murah dibanding memasang iklan di koran atau TV. Pengunjung potensial dari dalam website juga lebih baik. Ini cara paling efektif untuk mempromosikan diri kita
3. Memudahkan Pemilih Mendapatkan Informasi Terbaru
Bayangkan website sebagai brosur atau katalog. Lebih mudah dan cepat untuk memberikan informasi melalui website dibanding media cetak biasa. Ini membuat website sebagai cara efektif untuk menginformasikan profil dan kegiatan paling update, berita, katalog, atau pun sosialisasi kepada masyarakat.

4. Dapat Selalu Diakses
Website selalu dapat diakses oleh siapa pun sepanjang waktu. Bahkan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun! Ini memberikan kenyamanan bagi netizen untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan mengenai kehebatan kita.
5. Website Memungkinkan Mencapai Target Lebih Luas
Baik kita mempromosikan diri, website kita akan menjadi alternatif untuk mengaktualisasikan pengabdian. Website tempat yang sempurna untuk menjual program (visi & misi) kepada masyarakat luas. 

6. Memberi  Trust tentang Diri Kita
Didukung oleh organisasi pendukung, website adalah tempat yang baik menampilkan profil kita. Masukkan testimoni atau galeri foto hasil kerja sosialisasi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

7. Website Dapat Menghemat Waktu
Memberikan informasi kepada calon pemilih dapat memakan waktu cukup lama. Baik itu melalui telepon, janji-temu, dalam brosur, atau email. Dengan website, kita dapat memberikan semua informasi mengenai jatidiri kita. Setelah website selesai dibuat dan dijalankan, semua informasi akan tersedia, dan tentu saja ini akan menghemat waktu.

8. Teman dan Kita Ikut Nge-Share
Saat semua informasi sudah ada di internet, maka bagi teman atau netizen yang puas dengan kinerja anda dan ingin membagikannya kepada teman-teman mereka, satu hal yang perlu mereka ingat, hanyalah website!
 
Di website itu bisa berupa paparan dengan penampilan naskah, audio, video, maupun foto. Dengan hanya biaya Rp200 juta hingga Rp300 juta, website bisa menjadi promosi diri sendiri. Tentu saja itu untuk menyediakan perangkat Komputer, Camcorder, kamera DSLR, beli domain & hosting, ongkos IT dan bayar reporter di lapangan untuk 3-4 bulan pekerjaan.

Ditulis ulang oleh Suryana

No comments