JIKA SISWANDI JADI WALIKOTA CIREBON 2018, INILAH KONSEPNYA



KEINGINAN agar Kota Cirebon menjadi lebih maju dari saat ini, rupanya menjadi tidak sekadar impian Brigjen Pol. Drs. Siswandi. Banyak konsep yang hendak diterapkan di daerah berjuluk Kota Udang itu. Siswandi memiliki konsep bahwa membangun itu mengedepankan sinergitas.

Seyogianya Siswandi tidak ingin sendirian membangun Kota Cirebon, semua komponen mesti terlibat secara langsung. Sebutan kota Wali membawa wibawa kota ini merangkul tokoh agama, dan membangun semangat hidup berdampingan antar lintas agama.

Kepada para penunjuk jalan ke surga itu, Siswandi akan membangun satu ruangan sebagai tempat para tokoh masyarakat, tokoh agama berkumpul. Mereka sangat dibutuhkan masukannya untuk mendampingi walikota membangun kebersamaan.

Di sisi lain, Siswandi yang mantan kapolresta Cirebon ini sangat prihatin dengan kesemrawutan lingkungan pasar yang lokasinya berdekatan bahkan menutupi wibawa keraton. “Padahal Keraton Cirebon merupakan salah satu daya tarik objek wisata yang bisa dikembangkan,” kata Siswandi.

Jika terpilih menjadi Walikota Cirebon, Siswandi merelokasi keberadan pasar yang selama ini menjadi penyebab kesemrawutan.  Tentu saja dipindahkan ke tempat yang lebih layak dan modern. Diyakininya, langkah ini akan menjadikan Kota Cirebon lebih baik.

“Bersamaan dengan itu keraton direnovasi menjadi bangunan yang lebih layak dari kondisi saat ini. Saya akan tata lebih teratur, karena Keraton adalah ikon wisata Kota Cirebon,” kata Siswandi.

Kota Cirebon juga persis berada di pantai utara, sehingga banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya pada tangkapan ikan. Siswandi juga ingin membangun potensi perikanan di kota Cirebon. "Jadi tidak hanya dibidang pariwisata," tandasnya.

Membangun Cirebon menjadi kota nelayan sejahtera. Hidup nelayan Kota Cirebon lebih layak. Siswandi akan memodali perahu nelayan yang lebih baik dan layak. Bahkan akan memfasilitasi dan memediasi antara nelayan dengan pihak bank daerah.

"Saya juga harus merenovasi fungsi pelabuhan, sehingga geliat perdagangan ikan di Kota Cirebon lebih luas dan ramai,” ungkap Siswandi yang kini diusung Partai Golkar itu.

Dengan sejumlah potensi kota Cirebon, seperti Keraton, pelabuhan dan objek wisata lainnya, Siswandi yakin, kelak kota Cirebon lebih maju tanpa harus mengandalkan APBD. Inisiatif masyarakat juga menjadi bumbu pembangunan Kota Cirebon. Masyarakat harus mendapat apresiasi yang pantas dari pemerintah.

Dari pembangunan mental spiritual, keberadaan Siswandi sangat dinantikan warga Kota Cirebon. Ia ahli pemberantasan narkoba, sehingga kepemimpinannya di  Kota Cirebon dapat mencegah peredaran dan pengaruh buruk narkoba bagi generasi muda.

Perwira tinggi polri yang pernah bertugas di BNN itu, siap mundur dari jabatannya di Polri demi warga Kota Cirebon. Bahkan ia berjanji jika terpilih menjadi Wali Kota Cirebon, gajinya akan diberikan untuk keperluan lima kecamatan di Kota Cirebon. "Semua Itu Satu, Bekerja-Berkarya-Mengabdi (SIS BBM)," pungkasnya.(isur)

No comments

Powered by Blogger.