Nasi Jamblang dan Dicintai Rakyatnya, Itulah SBY dan AHY...!!




TENTU tidak akan lupa sosok pemimpin yang gagah dan cerdas ini, SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), Presiden ke-6 Republik Indonesia. Meski kursi kepemimpinan negeri ini sudah berpindah ke tangan orang lain, namun SBY tetap idola masyarakat. Seperti nampak saat SBY berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat.

Ada yang menarik saat Presiden ke-6 RI beserta keluarga berkunjung ke Kota Cirebon. Seperti diceritakan dalam catatan Kang Hero (Herman Khaeron) anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat. Hero mendampingi sepanjang SBY saat berkunjung ke kota udang itu. SBY tidak pernah melewatkan nasi jamblang, kuliner khas Cirebon.

Yang SBY dan rombongan kunjungi rumah makan Nasi Jamblang Ibu Nur di Kota Cirebon, Senin (25/12/2017). Kedatangan SBY sempat membuat pengunjung kaget. Tak pelak, para pengunjung nasi jamblang ini memanfaatkan ponselnya untuk memotret kedatangan rombongan orang hebat itu.

SBY langsung masuk ke ruangan khusus ber-AC bersama rombongan. Namun anak SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memilih ikut antre bersama pengunjung lain untuk memesan nasi jamblang. Tentu saja ini menjadi pusat perhatian pengunjung.

Menyantap nasi jamblang di Cirebon, diakui AHY, menjadi pengalaman pertama kali. Dalam kesempatan tersebut, AHY mengambil sejumlah lauk kesukannya, yakni tempe, cumi-cumi, dan bandeng. “Luar biasa nih, lauknya enak-enak,” kata AHY di lokasi.

Kata AHY, makanan khas Cirebon itu memiliki keunikan tersendiri. Sambal khas nasi jamblang ‘menghipnotis’ dirinya. AHY pun mengaku ketagihan. “Unik sekali ya, alas nasinya pakai daun jati. Sambalnya juga pedas, enak sekali. Lauknya juga kita yang mengambil sendiri,” kata AHY.

Nasi jamblang, memiliki magnet bahkan bisa membuat orang kecanduan datang lagi ke Cirebon. AHY juga akan kembali menyantap nasi jamblang jika berkunjung ke Cirebon lagi. “Rasanya bikin kangen. Insyaallah ke sini lagi,” ungkap AHY.

Saat menyantap makanan khas Cirebon itu, rombongan SBY bersama AHY didampingi Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Herman Khaeron, dan sejumlah pengurus partai. Kata Herman Khaeron, SBY menyukai nasi jamblang, terutama tempe gorengnya.

“Kita menyantap nasi jamblang di sini, tadi beliau (SBY) sangat suka sekali tempe goreng khas Cirebon. Setiap berkunjung ke Cirebon, beliau selalu menyempatkan diri berjalan-jalan, tadi pagi keliling jalan kaki. Sekarang kita kulineran, ini wujud kecintaan beliau terhadap Cirebon,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu.

Sebelum menyantap nasi jamblang, rombongan SBY berserta pengurus partai menggelar rapat internal di Hotel Aston Cirebon. Rapat membahas kesiapan partai berkaitan dengan Pilkada Serentak 2018.

“Tadi beliau sempat memberikan arahan terkait pilkada serentak untuk para pengurus. Sebelum ke Cirebon, rombongan sempat berkunjung ke Pekalongan dulu,” ucapnya.

Yang menarik dari setiap kunjungan SBY dan keluarga, kata Herman, rakyat selalu mengelu-elukannya. Tidak sedikit warga mencium tangan SBY saat bersalaman. Warga selau berebut berjabatan tangan hanya karena ingin mencium tangan SBY. "SBY memang dicintai rakyatnya sampai saat ini," pungkas Herman Khaeron.(isur)

No comments

Powered by Blogger.