PENGURUS GERAKAN HEJO TASIK SELATAN SEGERA TERBENTUK

Share:

*Ancaman Berat Bagi Para Perusak Lingkungan

BANDUNG - Didorong rasa kesal sekaligus prihatin atas sejumlah kerusakan lingkungan di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya dalam 10 tahun terakhir, sejumlah tokoh setempat sambangi Markas DPP Gerakan Hejo di Alam Santosa, Pasir Impun, Kabupaten Bandung  (11/12/2017).

“Ini  hari kedua kami membincangkan keprihatinan soal penurunan lingkungan hidup di wilayah selatan, kepada Kang Eka Santosa,” papar H. Warso Dedi yang tinggal di Kecamatan Karang Nunggal Kabupaten Tasikmalaya.

Di daerahnya berkiprah sebagai Ketua Pengawas Gapebta (Gabungan Pengusaha Bordel Tasilmalaya), kata Dedi, alih fungsi lahan produktif semakin meluas menjadi area industri. ”Kerusakan alam itu tidak hanya terjadi di perkotaan. Di pedesaan pun marak. Makanya, kami mohon bantuan dan bimbingan dari Gerakan Hejo”, papar Dedi.

Kepengurusan DPD Gerakan Hejo untuk Kabupaten & Kota Tasikmalaya sebenarnya telah dilantik pada 27 Januari 2016. Ketua DPD Gerakan Hejo Kab. Tasikmalaya (2016 -2021) dijabat Drs. Wawan Heryawan,dan Ketua DPD Gerakan Hejo Kota Tasikmalaya dijabat H. Maman Firmansyah.

Namun demikian, khusus di Kabupaten Tasikmalaya akhir-akhir ini kegiatannya perlu disegarkan. Sejak Senin malam, Pasir Impun kedatangan para tokoh di daerah selatan yang mengabarkan tentang kondisi kerusakan lingkungan yang memprihatinkan. Saat itu juga Eka Santosa membuat surat tugas untuk membentuk kepengurusan Gerakan Hejo di 18 kecamatan daerah setempat.

Tercantum dalam Surat Tugas GH No. 16A/GH/XII/2017, di antaranya Ujang Suhendar (Bantar Kalong), dan 7 personal lainnya dari Karang Nunggal yaitu Sutaryo Sp, Jajang  Sanjaya AMd, Ade Ridwan, Agus Ridwan, Anton, Gesa Dega Pratama S.Tr Log, dan Kapten TNI Purn. Dodi.

“Melalui Surat Tugas ini kami seperti memiliki kepastian untuk beraktivitas dalam kegiatan lingkungan. Daerah kami sudah semakin rusak, ini kami jadikan modal berkiprah nyata,” papar Sutarjo yang sehari-hari menjabat Ketua KTNA Kec. Karangnunggal Korlap Mapan.

Jajang Sanjaya Ketua Kelompok Tani Al-Hidayah Rancabakung menilai adanya surat tugas dari DPP Gerakan Hejo merupakan suatu kemajuan bagi daerahnya. ”Kami sudah kesal dengan kebijakan yang tumpang-tindih dari para pembuat kebijakan di daerah kami. Semoga kepengurusan GH di daerah kami segera terbentuk, dan langsung berkiprah”, tandasnya.

Secara terpisah Ketua Umum DPP Gerakan Hejo Eka Santosa pada malam itu didampingi pengurus DPP GH Bidang Budaya, Deni “Ozenk” Tudirahayu, berharap rombongan para tokoh ini segera berkoordinasi dengan pimpinan dan pengurus Gerakan Hejo di Kabupaten Tasikmalaya yang telah dilantik pada Januari 2017 lalu. “Bersegeralah rombongan Kang Dedi Warso ini berkoordinasi dengan Kang Wawan,” pungkas Eka Santosa.(isur)

No comments