Cawagub Anton Charliyan Berguru ke Padepokan Alam Santosa Pasir Impun

Share:




INI bukan hoax, bukan berita palsu, mantan jenderal bintang dua kepolisian Anton Charliyan, menemui Eka Santosa untuk berguru soal lingkungan dan budaya di Padepokan Pasir Impun, Rabu (17/1/2018). Anton belajar banyak soal penyelamatan lingkungan dari Eka Santosa yang terkenal degan sebutan begawan politik dan lingkungan yang disegani para pejabat dan penguasa Jawa Barat itu.

Anton Charliyan yang sudah dikukuhkan untuk mendampingi calon gubernur dari PDI Perjuangan TB Hasanudin, sengaja datang ke Pasir Impun, hanya untuk berguru soal budaya dan lingkungan. Anton terah menak Sukapura Singaparna Tasikmalaya, ternyata masih satu kampung dengan Eka Santosa.

Anton yang datang sore itu sebagai kunjungan rintisan, sebelum nantinya hadir bersama pasangannya calon gubernur Jabar, TB Hasanudin ke Alam Santosa, tampak percaya diri. “Saya dapat amanat untuk hadir di sini. Untuk penyelamatan lingkungan, salah satunya nasib sungai Citarum harus segera kita perbaiki,” tutur Anton.

Mantan kapolda Jabar itu menyebutkan Sang Pemberi Amanah itu tiada lain sesepuh Jawa Barat Solihin GP. Amanah Solohin GP itu Anton harus berkunjung ke Eka Santosa. Selain berguru lingkungan dan politik, Anton juga sempat berdialog dengan jaringan yang dimiliki Eka Santosa.

Cukup menarik, Anton mendapat masukan dari elemen warga Jawa Barat dari Forum DAS Citarum, Gerakan Hejo, dan BOMA Jabar. Setiap perwakilan mempertanyakan program menurut visinya masing-masing.

“Sangat bermanfaat di pertemuan ini, saya menyerap aspirasi. Idenya sangat bagus untuk membangun Jabar,” kata Anton. Selain terkenal polisi tegas, Anton juga pandai bergaya humor ala Sunda. Tak pelak selama dialog ini banyak memunculkan candaan ala warga Sunda.

“Ini calon gubernur yang kami mau, tak bikin tegang jadinya. Soal yang serius dibahas dengan ringan dan cerdas,” celetuk yang hadir dari perwakilan pengurus Gerakan Hejo dari Kab. Tasikmalaya. 

Menyinggung kehadiran Anton yang cukup mencengangkan di hadapan representasi elemen masyarakat di Alam Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo Eka Santosa mengapresiasi ketekunan dan kepiawaian Anton yang siap menyumbangkan nyawanya demi Jawa Barat.

”Beliau itu punya kedalaman di bidang penyelamatan eksistensi masyarakat adat, lingkungan, seni dan budaya, serta ketahanan pangan dan ekonomi kerakyatan. Ini selaras dengan visi dan misi gerakan kami,” papar Eka Santosa.

Dalam kesempatan itu, Anton Charliyan beserta rombongan berkeliling melihat demplot dan hutan buatan di 5 hektare lahan milik Eka Santosa. Selain demplot pertanian, juga terdapat ribuan ikan endemik, ratusan pohon langka, anggrek lokal, dan lokasi outbond di kawasan selatan Alam Santosa. Anton mengaku sangat terkesan dan akan banyak belajar tentang budaya, lingkungan hidup, dan politik kepada Eka Santosa.

Anton berjanji, pelajaran hari itu mewarnai dan menjadi dokumen visi misi yang akan dilontarkan saat debat terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur kelak. ia juga mengklaim 200 persen keyakinannya menang di ajang Pilgub Jabar 2018 ini. Selain mendapat suport jaringan Pasir Impun, Anton juga sudah mendapat dukungan 200 jaringan relawan di seantero Jawa Barat.(isur)

No comments