HERMAN KHAERON: MASA DEPAN BUMI JADI TANGGUNG JAWAB KITA

Share:



TIDAK sekadar mendiami atau mengambil manfaatnya, manusia wajib memelihara dan melestarikannya. Itulah bumi yang kita diami. Ada sebuah penegasan yang signifikan, 'Masa Depan Bumi adalah Tanggung Jawab Kita'.

Menurut Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron (Hero), inilah kinerja keseluruhan aparatur Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyikapi bumi tempat manusia berpijak. Itulah judul besar tulisan yang mewarnai pertemuan itu, Senin pekan ini (15/1/2018).

Herman Khaeron saat memberikan pidato di Environmental Outlook 2018 bertajuk ‘Bergerak Menuju Keadilan Sosial dan Ekologis Untuk Kesejahteraan Dan Kelestarian’ di Manggala Wanabhakti, Jakarta, memaparkan beberapa indikator positif kinerja KLHK. Permasalahan hotspot berkurang secara signifikan, bahkan nyaris tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan yang meresahkan masyarakat.

“Ini tidak serta merta. Bagi kami (Komisi VII), ini justru prestasi dari Kementerian LHK,” sanjung Herman. Indikator lainnya, terkait rehabilitasi hutan yang sudah kritis. Apalagi mengingat anggaran yang dimiliki KLHK terbatas berkisar Rp7 triliun. Dari anggaran sebesar Rp1 triliun dialokasikan untuk lingkungan hidup.

“Saya selalu sampaikan, KLHK anggarannya minim sekitar Rp7 triliun. Kalau dibagi 124 juta hektar kawasan hutan, apalagi ditambah lingkungan hidup, sangat kecil sekali. Dirata-rata Rp6 triliun dibagi 124 hektar, lebih kurang Rp45 ribu sampai Rp50 ribu per hektar per tahun,” bebernya.
 
 Herman mengingatkan, kawasan perhutanan kini menjadi bagian penting menuju program reforma agraria. “Jadi tidak mudah jadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tugas berat apalagi anggaran terbatas. Tapi kinerja di jalur yang benar, bagus dan baik serta terukur,” tutur anggota dewan asal dapil Jabar ini.

“Saya apresiasi dan beri penghargan yang tinggi kepada Menteri LHK, dengan kunci indikator tadi. Diharapkan jangan bicarakan sampai 2017 saja, bicarakan sampai jauh ke depan, yakin Komisi VII mendukung,” pungkas kader senior Partai Demokrat itu.(isur)

No comments