PARTAI BERKARYA LOLOS VERIFIKASI FAKTUAL - BOYONG PREDIKAT MS

Share:


INILAH sebutan paling sakral untuk kualifikasi Partai Berkarya di Jawa Barat, MS (Memenuhi Syarat). Untuk bentukan partai baru saat diverifikasi, istilah itu menjadi sangat mahal dan menggiring partai bersangkutan memiliki tiket menjadi peserta pemilu 2019.

“Dapat kami katakan, status DPW Partai Berkarya Jabar setelah kami lakukan verifikasi faktual, MS adanya. MS itu artinya Memenuhi Syarat,” kata Komisioner KPU Jabar, Agus Rustandi, di Sekertariat DPW Partai Berkarya Jabar Jl. PHH Mustofa Komplek Surapati Core Blok K-7 Kota Bandung, Minggu (31/12/2017).

Tiga hal yang meloloskan Partai Berkarya Jabar beroleh status MS, menurut Komisioner KPU, yakni pertama didasarkan pada penelaahan atas sejumlah SK dari DPP Partai Berkarya. Kedua, keberadaan gender dalam struktur kepengurusan. Terakhir, keabsahan domisili sekertariat partai.

"Semua persyaratan, telah dipenuhi,” papar Agus Rustandi disambut tepuk tangan para kader Partai Berkarya yang menyaksikan proses verifikasi di tempat itu.

Bagi Eka Santosa Ketua DPW Partai Berkarya Jabar dan jajarannya selaku tuan rumah, lolos tahapan verifikasi faktual KPU untuk Partai Berkarya, dimaknai sebagai sesuatu yang sangat berharga. Bahkan Eka Santosa mengkategorikan predikat MS itu sebagai kado terindah untuk Partai Berkarya.

”Ada 26 dari 27 DPD tingkat kota dan kabupaten se-Jabar bisa ikut verifikasi faktual KPU, otomatis mulai hari ini (Minggu, red) mereka serentak, telah mengikuti pencuplikan nomor untuk proses yang sama di awal Januari 2018. Maknanya, partai ini bisa ikut pemilu 2019,” ujar Eka Santosa seusai proses verifikasi faktual oleh rombongan KPU Jabar.

Tentu saja, berita status MS dari Sekertariat DPW Partai Berkarya Jabar dari KPU, beberapa jam menjelang pergantian tahun 2017 ke 2018, langsung merebak ke pelosok Jabar.

“Bersyukur status ini didapat. Semoga ini pertanda baik bagi kita, bisa turut menegakkan demokrasi di negeri ini melalui kegiatan partai,” kata Roni Priatna, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Pangandaran melalui telepon ke pengurus di sekertariat DPW Berkarya Jabar.

Rudi Rambo, kader dan pengurus DPD Partai Berkarya Kota Bandung mengaku sangat gembira atas pemberian nilai MS untuk partainya. ”Ini yang kami nantikan selama ini. Status MS artinya partai kami di Jabar lolos. Berita ini bikin hati kami plong. Sadar, ke depannya masih ada tahapan lain,” ujar Rudi Rambo.(isur)

Ket. Foto:
Atas - Ketua DPW Partai Berkarya Jabar Eka Santosa (kanan) mendapat ucapan selamat dan salam komando dengan Komisioner KPU Jabar Agus Runtandi selepas proses Verifikasi Faktual, Minggu (31/12/2017)

No comments