YOYON SUHARYONO: PILIH GUBERNUR YANG PANDAI MENCIPTAKAN MATA AIR

Share:
JANGAN pilih calon gubernur dan wakilnya yang tidak peduli lingkungan. Itulah kalimat tegas dari Direktur Eksekutif YBLH (Yayasan Buruh & Lingkungan Hidup) Yoyon Suharyono, menyikapi perhelatan akbar sekaligus pemilihan calon gubernur dan wakilnya pada 27 Juni 2018 mendatang.

Pernyataan cucu keturunan pencipta nasi jamblang Cirebon itu diutarakannya saat berbincang dengan IntroNews di Cirebon, Jumat (26/1/2018). Yoyon sudah mencium aura Pilgub yang akan marak membawa isu lingkungan. "Biasa ngomong ekonomi, sekarang tiba-tiba ngomong lingkungan", kata Yoyon.

Baginya, calon gubernur dan wakil gubernur 2018 tidak seperti gubernur sebelumnya yang Yoyon nilai gagal menciptakan lingkungan aman, nyaman, dan bersih. Yoyon mencontohkan kasus Sungai Citarum yang hingga kini masih mengemuka. Pemerintah akhirnya menerjunkan pasukan TNI untuk revitalisasi dan menormalisasi sungai itu.

Kepada empat pasangan calon gubernur dan wakilnya tahun 2018 ini, Yoyon meminta tidak sekadar bicara soal lingkungan saat ini, tetapi bicara untuk lima hingga 10 tahun ke depan. "Percuma ngomong hanya untuk saat ini," tambah Yoyon.

Tiga sungai besar di Jawa Barat mesti mendapat perhatian gubernur mendatang. Yakni, Citarum, Citanduy, dan Cimanuk. Tiga sungai ini dibawah pengelolaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang seringkali menemui masalah besar.

Kasus banjir bandang di Kab. Garut akibat luapan Sungai Cimanuk, kata Yoyon, contoh pengelolaan hutan di kawasan hulu yang berantakan. Cimanuk juga bermuara ke laut sehingga pengelolaannya harus benar agar tidak berdampak buruk untuk biota laut, khususnya di kawasan pantai utara (pantura).

Yoyon kembali mendesak gubernur Jabar 2018 kelak untuk bertindak tegas terhadap pembuang limbah pabrik. Arahkan kasus pencemaran oleh pengusaha hingga ke meja hijau untuk menimbulkan efek jera. "Jangan pernah loyo untuk menegakan aturan, Polda dilibatkan," tambah Yoyon.

Masyarakat juga, lanjut Yoyon, jangan hanya jadi penonton. Beri masukan kepada pasangan calon yang kini sedang manggung di Pilgub jabar 2018 terutama soal pengelolaan lingkungan. "Pilih paslon yang pandai menciptakan mata air, bukan yang pandai menimbulkan air mata," papar Yoyon sambil menambahkan, paslon yang baik itu yang hidupnya rajin menanam pohon.(isur)

No comments