SOPIR ANGKOT MOGOK, RATUSAN PENUMPANG DI GARUT TERLANTAR




RATUSAN penupang di kabupaten Garut terlantar, untuk mencapai tempat yang dituju mereka terpaksa harus berjalan kaki. Kejadian itu akibat aksi mogok sopir angkot, sepanjang hari Senin (5/2/2018).

Pemantauan IntroNews di lapangan, aksi mogok sopir angkot terjadi sejak pukul 08.30 WIB. Massa sopir berkumpul di dua titik utama, di kawasan Simpang Lima dan Sarana Olahraga (SOR) Merdeka Kerkhof. Para sopir juga menghentikan angkutan umum yang nekad beroperasi saat aksi berlangsung.

Para penumpang diturunkan paksa. Bukan hanya orang dewasa, para pelajar juga dipaksa turun. Akibatnya mereka telantar. Banyak warga dan penumpang menyayangkan aksi para sopir angkot itu. Sejumlah pelajar di Garut dibantu polisi menggunakan mobil milik TNI.

Aksi mogok massal itu merupakan bentuk protes terhadap beroperasinya angkutan berbasis daring (online). Untuk untuk mengantisipasi para penumpang yang terlantar. Personel TNI-Polri mengerahkan armada mengangkut warga dan penumpang yang telantar.

Para penumpang kecewa, karena hampir kebanyakan siswa kesiangan masuk sekolah. "Kami diturunkan di sini, sedangkan sekolah masih jauh," ungkap salah satu pelajar penumpang angkot, Reni Mulyani. Ia dipaksa turun di Simpang Lima Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut.

Salah satu pengurus Organda Kabupaten Garut, Ajat Sudrajat, menjelaskan para sopir ini tidak akan berhenti mogok jalan sebelum tuntutannya dipenuhi. "Tuntutan kami hanya satu tolak ojek online, karena itu sangat merugikan kami," ugkap Ajat.

Dari pihak aparat segera mengambil langkah antisipasi, khususnya jajaran TNI-Polri yang mengerahkan armada angkutan untuk membawa para penumpang yang telantar ke tempat tujuan. Bahkan ratusan personel dikerahkan untuk mengawal aksi mogok operasi para sopir angkutan.

"Sudah saya perintahkan jajaran untuk membantu masyarakat yang terdampak aksi ini. Ada sejumlah mobil dari kami (Polres Garut) dan dari TNI dikerahkan," ungkap Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna.(Sighar)

No comments

Powered by Blogger.