MANG ODED TEMUI EKA SANTOSA DI PASIR IMPUN BAHAS NASIB BURUNG BLEKOK & KOTA BANDUNG




SIAPA sangka Oded M Danial, Wakil Walikota Bandung yang sedang cuti sekaitan pencalonannya pada Pilwalkot, hadir di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun Kabupaten Bandung (21/2/2018). Mang Oded yang lama dikenal sebagai ustad dengan sapaan akrab Mang Oded, dalam Pilwalkot kali ini berpasangan dengan Yana Mulyana.

Rabu malam itu, siapa lagi yang ditemui Mang Oded dengan segala kebersahajaannya, tak lain Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo. “Dengan senang hati saya menerimanya. Kami diskusikan soal penataan lingkungan di kota Bandung ke depan khususnya,” jelas Eka.

Sementara bagi Mang Oded, pandangan dan banyak langkah dari Gerakan Hejo kerap diperhatikan. Menurutnya, kiprah Gerakan Hejo di kota Bandung hendaknya, ditingkatkan. "Kami butuh mitra dari berbagai kalangan. Kita tahu RTH (Ruang Terbuka Hijau), idealnya 30%. Nyatanya, masih di seputar 10-11%. Tugas berat kami menambahkannya, makanya, saya perlu sowan ke senior saya Kang Eka,” papar Oded.

Mang Oded kala dikonfirmasi nasib 2.500-an burung blekok (ardeola speciosa dan bubulkus ibis), tepatnya di Kampung Kreatif Rancabayawak Kecamatan Cisaranten Kidul Kota Bandung. Katanya, terancam kehidupannya sejak 2015, sekaitan pembangunan perumahan Bandung Technopolis seluas 300 hektar oleh pihak swasta Summarecon.

“Ya, ini termasuk kami bahas. Baru saja (pertengahan Desember 2017 – red), Ketua RW-nya Pak Ujang Safaat minta bantuan saya karena khawatir daerahnya yang hanya 1 hektar untuk 40 KK, akan ditembok. Sudah ada solusi sementara, tapi saya belum puas. Nanti ditindaklanuti,” kata Oded.     

Menurut Chevi Epi Sutisna dan Deni ‘Ozenk’ Tudirahayu, dari jajaran pengurus DPP Gerakan Hejo yang menyertai pertemuan ini, kesepakatannya dalam waktu dekat upaya penambahan RTH di Kota Bandung. "Termasuk penghijauan akan digalakkan dengan mitra dan komunitas lain. Tunggulah segera akan diluncurkan,” jelas Ozenk.(Harri Safiari & Isur Suryana)

No comments

Powered by Blogger.