HOREEE ... 15 PARPOL DI JAWA BARAT LOLOS, PERSAINGAN PEMILU MAKIN KETAT




Lima belas parpol di Jawa Barat dinyatakan memenuhi syarat (MS) minimal kepengurusan dan keanggotan di 75 persen kabupaten/kota di Jawa Barat. Ini mengemuka dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual di tingkat KPU Kabupaten/Kota di  KPU Provinsi Jawa Barat Jl. Garut No. 11 Bandung, Minggu (11/2).

Kelima belas parpol tersebut adalah Partai Persatuan Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Nasdem, PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, PDIP, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Bulan Bintang, Partai Hanura, PAN, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Sedangkan PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat minimal 75 persen data kepengurusan dan keanggotaan yaitu di 20 kabupaten/kota di Jawab Barat. PKPI hanya memenuhi syarat keanggotannya di 10 kabupaten/kota dan 10 daerah lainnya tidak memenuhi syarat.

Pemaparan Agus Rustandi, parpol-parpol tersebut telah diverifikasi terkait kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor, dan keanggotaan. "Semua itu dilakukan selama empat bulan penuh, dan  alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan," tandas Agus.

Namun Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat menegaskan kewenangan KPU Jabar sekadar memberi label MS atau Memenuhi Syarat, karena keputusan finalnya ada di KPU RI.

"Kewenangan yang terbatas ini memungkinkan adanya perbedaan data, sehingga kami mengundang KPUD Kabupaten/Kota untuk klarifikasi dan setiap keberatan harus didasarkan fakta," ujar Yayat.

Di lain pihak, Komisioner Bawaslu Jabar, Wasikin Marzuki mengapresiasi kinerja KPU Jabar serta KPU Kabupaten/Kota. "Meski verifikasi dilakukan dengan dua regulasi, yakni PKPU No. 11/2017 dan PKPU No. 6/2018, namun semuanya berjalan lancar," ujar Wasikin.(isur/rilis media center KPU Jabar)

No comments

Powered by Blogger.