JALAN WISATA MENUJU GUNUNG HARUMAN SEPANJANG 3,5 KM RUSAK - PERBAIKI DONG .. !!

Share:


JALAN merupakan salah satu sarana infrastruktur umum yang penting dan sangat menunjang peningkatan perekonomian warga. Kondisi jalan yang dilewati berlubang atau bergelombang, ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas warga.

Menuju Gunung Haruman menjadi perjalanan cukup melelahkan, karena melewati beberapa kecamatan. Tempat ini akan dijadikan lokasi wisata, dan dulunya kondisi jalan masih bagus, sudah beberapa tahun kondisinya rusak parah.

Untuk keperluan destinasi wisata baru Gunung Haruman yang masuk Desa Harumansari Kecamatan Kadungora, Pemkab Garut seyogianya segera memperbaiki infrastruktur penunjang pariwisata.

"Ini kan masuk dalam Rancangan Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Sumsel 2018,” kata Osep Ahmad, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rabu, (30/1/2018).

Menurut Osep Ahmad, infrastruktur penunjang pariwisata sangat diperlukan untuk daya tarik objek wisata tersebut. “Jika fasilitas dan infrastuktur sudah memadai tentunya akan menjadi pertimbangan bagi wisatawan untuk mengunjungi Gunung Haruman,” ujarnya.

Selain menyoroti dukungan infrastruktur, Osep juga menilai perlunya tunjangan dana pembangunan pariwisata dari pemerintah kabupaten, provinsi, maupun Pusat. Ini tantangan bagi pemerintah untuk menyiasati agar pariwisata bisa terwujud.

"Meski dana promosi besar, jika tidak ada perbaikan infrastruktur, maka wisatawan juga akan berpikir sekian kali untuk datang ke lokasi ini,” ungkapnya. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut diminta ikut memikirkan perbaikan infrastruktur penunjang destinasi wisata baru itu.

Menurut Osep Ahmad, Dinas PUPR Kabupaten Garut segera memperbaiki infrastruktur jalan menuju lokasi wisata Gunung Haruman, meski anggaran untuk itu ada di instansi lain.(Sighar)

No comments