KETUA UMUM ORMAS BBC MUGI SUJANA DUKUNG M IRIAWAN ALIAS "IWAN BULE" JADI PLT GUBERNUR JABAR

Share:


INTRONEWS - Irjen Pol Moch. Iriawan alias Iwan Bule menjadi sosok yang santer dibicarakan banyak kalangan. Polisi tegas dan berwibawa mantan Kapolda Jabar itu digadang-gadang menjadi pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jabar menggantikan Aher yang cuti dan habis masa bhaktinya jelang pencoblosan pilkada serentak 2018.

Sempat terjadi perdebatan sengit di antara para elit politik di Jakarta, padahal orang Jawa Barat sendiri tidak terpengaruh dengan desas-desus soal penunjukan Iwan Bule tersebut. Di tengah kegamangan para elit politik di Jakarta, muncul pendapat dan dukungan kepada Plt Gubernur Jawa Barat. Iwan Bule harus menjadi Plt Gubernur Jabar, karena netralitas dan integritasnya yang sudah teruji.  

Mugi Sujana (58), Ketua Umum Ormas Buah Batu Corps (BBC), saat ditemui di sebuah CafĂ© di Jl. Jawa Kota Bandung, Kamis (8/3/2018), memberi respon positif tatkala  diajak berbincang sejenak soal situasi politik 2018 dan 2019 termasuk soal Plt gubernur Jabar.

“Dalam rapat internal bersama jajaran di organisasi yang saya pimpin baru saja. Kembali, kami bahas intensif salah satunya, perlu sebuah kepastian. Ini merespon usulan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tahu kan, apa konteksnya bagi Jawa Barat?” kata Mugi.

Mugi secara ekplisit setuju perihal usulan mendagri menunjuk dua perwira tinggi (pati) Kepolisian menjadi pelaksana tugas (plt) gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara sejak Januari 2018.

“Berkaitan dengan gubernur definitif yang berencana cuti, sehubungan pilkada 2018. Jabar punya peran besar di tingkat nasional dalam banyak segi,” imbuhnya. Dua pati ini Asisten Operasi Kapolri Inspektur Jenderal M. Iriawan, dan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Inspektur Jenderal Martuani Sormin.

Mugi menyinggung sosok Jenderal Moch Iriawan yang kerap disapa Iwan Bule, menunjukkan intensitas dan perhatian khusus. ”Kang Iwan Bule yang hapal benar kondisi Jabar. Pernah tiga kali menjabat Kapolda di NTB, Jabar, serta Metropolitan DKI Jakarta, punya modal dasar kuat,” paparnya.

Tatkala dipancing dari yang didukungnya untuk plt gubernur Jabar, dalam hal polemik saat ini dipertanyakan perihal keberpihakannya, Mugi berpendapat dirinya dan banyak kalangan di Jabar tahu persis, siapa Iwan Bule. Netralitas, temasuk integritas, dan amanah baginya harga mati. "Kami percaya penuh. Jangan meragukannya!” tandas Mugi.

Tentang kondisifitas secara nasional maupun lingkup Jawa Barat, menurut Mugi, kepemimpinan Presiden Jokowi yang akhir-akhir ini banyak melakukan stressing pada pembangunan infrastruktur, harus dipertahankan. 

Mugi juga mengupas banyak aspek perihal ekonomi, politik, sosial, dan budaya baik nasional maupun regional, termasuk kedekatan khusus tokoh yang didorongnya dengan sesepuh Jawa Barat Solihin GP.

“Pertemuan khusus Kang Iwan Bule baru baru ini dengan Mang Ihin (Solihin GP) di kediamannya di Cisitu Bandung, setelah diusulkan Mendagri menjadi plt gubernur.  Semoga jadi pertanda baik,” pungkasnya.(Isur)

No comments