WAGUB JABAR UU RUZHANUL ULUM KEPERGOK MAKAN CILOK DI EMPER JALAN | KULINER KAMPUNG

Share:

WAKIL Gubernur Jawa Barat (Cawagub Jabar) pasangan Ridwan Kamil yakni Uu Ruzhanul Ulum alias Kang Uu, kepergok sedang menyantap cilok di kawasan Buahbatu, tidak jauh dari kampus ISBI Bandung. Kang Uu yang berpenampilan sederhana itu tidak menyangka dirinya akan dipotret dalam pose "Nikmatnya Kuliner Kampung" selepas solat Jumat, di medio Maret 2018 lalu. (Foto: Isur)

Jangan Makan & Minum Sambil Berdiri
Ada pelajaran berharga yang dilakukan Kang Uu. Ia makan maupun minum sambil duduk dan menggunakan tangan kanan. Tentu buka tanpa alasa, Kang Uu melakukannya karena hadits Nabi Muhammad SAW.

Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR. Muslim No. 2026), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?”

Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024). Para ulama menjelaskan, makan dengan berdiri lebih jelek karena makan itu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada minum.

Rasulullah melarang kita untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut. Mengapa Rasulullah melarang kita Makan atau Minum Sambil Berdiri, larangan minum sambil berdiri itu ada kaitannya dengan kesehatan.

Ilmu kedokteran modern menyebutkan, minum dalam keadaan berdiri menyebabkan air yang mengalir berjatuhan dengan keras pada dasar lambung dan menumbuknya, menjadikan lambung kendor dan sulit melakukan pencernaan.

Sebagaimana terus-menerus makan dan minum sambil berdiri dapat menimbulkan luka pada dinding lambung. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya.

Memang sulit menerapkan TIPS Makan dan Minum Sambil Duduk, belum lagi kalau sedang dikejar pekerjaan, tugas, alias sibuk, tapi apa yang tidak mungkin jika kita berusaha untuk membulatkan niat, Allah tidak pernah memberi kita beban di luar kemampuan diri. 

Setiap perintah Allah, insyaAllah ada manfaat didalamnya, dan tidak terlepas dari kebutuhan kita sendiri. Mari menjaga kesehatan dengan memperhatikan hal-hal yang kecil, jangan menunggu menjadi problem yang lebih besar, mencegah lebih baik daripada mengobati.(isur/berbagai sumber)

No comments