Wednesday, July 11, 2018

[VIDEO] PESAN UNTUK GUBERNUR JABAR TERPILIH | PERHATIKAN LAH SEKTOR PERIKANAN BUDIDAYA



Dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang “Regional Meeting Tata Kelola dan Akselerasi Pembangunan Perikanan Budidaya Berkelanjutan di Jawa Barat”, 10 Juli 2018 di Unpad Training Center Bandung, memunculkan sejumlah rekomendasi bagi Gubernur terpilih: Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

Hasil diskusi itu: Penanganan perikanan budidaya harus lebih utuh dari hulu ke hilir. Terapkan Good Aquaculture Practices, segera revisi regulasi dan UU Otonomi Daerah yang tumpang-tindih. Soal kewenangan  budidaya serta pengelolaan perairan umum, jangan terkesan kuat-kuatan antar lintas sektoral.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad, Yudi Nurul Ihsan, mempresentasikan makalah bertopik ‘Potensi dan Kebijakan Budidaya Perikanan’ itu setidaknya di tingkat Jabar dan nasional, persoalan perikanan budidaya dikelola lebih serius.

Selama ini  persoalan lingkungan, tata ruang, pembibitan, pengadaan pakan, termasuk pemasaran, masih dipikirkan dan ditindaklanjuti sporadis. Yudi meminta gubernur segera mengakhiri itu semua dengan akselerasi yang sesuai antar sektoral dari hulu ke hilir.

SB: Dr. sc.agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si (Dekan FPIK Unpad Bandung)

Pemateri lainnya Iskandar, dosen Unpad, menyajikan ‘Aneka Persoalan’ Perikanan dan Budidaya in–land fisheries.
SB: Dr. Ir. Iskandar, M.Si (Dosen Unpad Bandung)

Dari kalangan birokrat, Budiman, Kabid Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, menyinggung segi perundang-undangan dan kebijakan yang diakui Budiman terkadang budidaya perikanan di instansinya masih belum terpadu. Hari ini mereka berembuk mencari solusi. Ia berharap Gubernur baru dapat menyelaraskan persoalan ini.

SB: Budiman (Kabid Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar)

Yang menggembirakan para peserta kali ini datang dengan gagasan yang lebih fresh. Penting, persoalan perikanan budidaya di Jabar jangan ditutup-tutupi. Transparans saja, biar sama-sama bisa memberi jalan keluar. Hadir juga Victor Nikijuluw, Marine Program Director dari Concervation International Indonesia (CII).

Tim Liputan melaporkan ...

No comments:

Adbox