[VIDEO] PULUHAN ORANGTUA SISWA IKUTI PARENTING DI SMA NEGERI 1 BALEENDAH

Share:


Menjadi orangtua yang dapat mendidik anak dengan baik, memang tidak mudah. Perlu kesabaran dan keikhlasan. Di sisi lain, pengetahuan orangtua berperan penting untuk menciptakan sosok generasi terbaik. Itu sebabnya, orangtua harus ikut berperan aktif bersama sekolah membangun mental anak. Profesor Dr  Arifin, Guru Besar Pendidikan, mencatat lima hal keuntungan jika orangtua mengikuti parenting bersama guru sekolah. Kelima hal itu akan diulas dalam liputan khusus 'PARENTING" yang diikuti puluhan orangtua siswa SMA Negeri 1 Baleendah berikut ini.

VO.
Ini adalah acara pendampingan terhadap orangtua atau Parenting, diikuti sedikitnya 42 orangtua kelas 10 IPA 1 dan 2 SMA Negeri 1 Baleendah, Kab Bandung. Acara dibuka oleh Egi Ergiana SPd, wakil kepala sekolah Bidang Humas.

Bertindak sebagai moderator sekaligus motivator, Asep Mulyana alias Asmul. Melalui gayanya yang unik, Asmul memperkenalkan para pemateri, antara lain Guru Besar Pendidikan Profesor Dr HD Arifin MSi. Pemateri lainnya, Mustopa MMPd dari Pusat Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Jawa Barat. Disusul kemudian pemateri Ike Yustika sebagai guru BK SMA Negeri 1 Baleendah.  

Diawali dari Profesor Dr HD Arifin MSi, yang juga Ketua Komite Sekolah SMA Negeri 1 Baleendah, ia menjelaskan lima hal penting kenapa orangtua harus mengikuti Parenting. Antara lain, prestasi belajar siswa meningkat, iklim sekolah lebih kondusif, motivasi guru meningkat, hasil ujian meningkat, dan citra sekolah meningkat.

SB: Prof. Dr. HD. Arifin, MSi (Guru Besar Pendidikan/ Ketua Komite SMAN 1 Baleendah)

Sementara Mustopa dari Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Jabar menjelaskan, kehadiran orangtua pada
pendidikan siswa untuk menyamakan persepsi. Mengingatkan kembali bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi orangtua juga.

SB: Mustopa, M.MPd (PP PAUD & Dikmas Jabar)

Apa yang sedang terjadi dengan siswa di sekolah, jawabannya ada pada orangtua. Harus terjalin kemunikasi pihak sekolah dengan orangtua untuk memecahkan kesulitan anak dalam proses belajar-mengajar di sekolah.

SB: Egi Ergiana, SPd (Wakil Kepsek Bidang Humas SMAN 1 Baleendah)

Orangtua akan mudah memahami potensi anak sehingga siswa tidak sulit menjangkau cita-cita mereka. Ini salah satu manfaat yang dirasakan Erta Dewi Liana orangtua Sabila Alfaza kelas 10 IPA satu. Begitu pun dengan Muhammad Aep, orangtua siswa Amanda Putri Fadila.

SB: Erta Dewi Liana (Orangtua Siswa)
SB: Muhammad Aep (Orantua Siswa)

Sebagai orangtua, selain mengantongi ilmu yang cukup juga perlu mengikuti perkembangan zaman. Pola mengasuh pasti berbeda antara dulu dengan sekarang. Menjadi orangtua harus selalu up to date tetapi harus memberi batasan yang tegas agar anak dapat terkontrol.

isur suryana melaporkan ...

No comments