UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA DORONG INOVASI | WUJUDKAN LINGKUNGAN KAMPUS PENGGERAK PERUBAHAN

Share:


JAKARTA – Perkembangan teknologi dan informasi terus mendorong perubahan di berbagai bidang dan menjadikan dunia terus bertumbuh dan berkembang. Ini tentu berpengaruh pada dunia pekerjaan di masa depan, ketika persaingan semakin ketat menyesuaikan perkembangan zaman.

Untuk itu Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) menghadirkan acara bertajuk “Innovation Day” yang digelar di kampus BSD, sebagai wadah yang akan memberikan gambaran karir di masa depan beserta dengan beragam inovasinya, di Jakarta, Senin 6 Agustus 2018.

Menurut Rektor Universitas Prasetiya Mulya Prof Dr Djisman Simandjuntak, inovasi akan hadir sebagai inisiatif yang dapat mendukung kemajuan. Kehadiran inovasi mutlak dibutuhkan guna menjawab tantangan di masa depan. Perusahaan yang tidak berinovasi lambat laun akan tergerus oleh para pesaing yang terus mengembangkan ide-ide baru untuk memenangkan pasar.

“Kami berharap melalui kegiatan ini para peserta bisa melihat inovasi dari future career mereka kelak sehingga dapat memilih jurusan yang sesuai minat mereka, sekaligus mewujudkan lingkungan kampus sebagai penggerak perubahan dengan mendorong hadirnya inovasi sejak dini,” jelas Prof Djisman.

Innovation Day merupakan program campus visit yang dirancang guna mewadahi para siswa SMA untuk mengenal Prasmul lebih dekat melalui serangkaian kegiatan menarik, layaknya educative workshop dengan para Faculty Member (dosen) hingga sharing session dengan mahasiswa & alumni berprestasi.

Berbeda dengan tahun lalu, Innovation Day kali ini hadir dengan serangkaian konsep baru yang lebih atraktif guna memberikan pengalaman nyata kepada para siswa, sekaligus mendorong hadirnya inovasi sejak dini. Dalam penyelenggaraannya tahun ini, setidaknya lebih dari 5000 siswa SMA dari 66 sekolah unggulan di wilayah Jabodetabek turut berartisipasi.

Profesor Agus W Soehadi, Dean of School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya menjelaskan, di kesempatan ini ditampilkan beragam simulasi kepada para siswa dengan dukungan ambiance ruangan dan pola permainan, guna memudahkan peserta memahami masing-masing jurusan beserta dengan future career dan hasil inovasinya.

“S1 Branding menghadirkan ambiance supermarket sebagai gambaran branding journey, S1 Accounting menghadirkan permainan perhitungan pembiayaan bisnis dengan kemasan membangun bisnis restoran ramen, S1 International Business Law akan mengajak para siswa merasakan situasi dalam persidangan. Nantinya diharapkan para siswa dapat memahami bisnis bukan sekadar jual dan beli, ada berbagai aspek yang saling mempengaruhi satu sama lain,” jelas Profesor Agus.

Di sisi lain, School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) lebih menekankan pada beragam inovasi teknologi yang mulai marak digunakan berbagai industri.

Menurut Prof. Janson Naiborhu selaku Dean of School of Applied STEM, saat ini user tidak bisa melepaskan inovasi teknologi dari kehidupan sehari-hari, bahkan teknologi semakin mempengaruhi perkembangan pasar.

“Kami akan memberikan kemudahan bagi para siswa untuk memahami jurusan yang ada di School of Applied STEM dengan menghadirkan beragam pengalaman unik seputar inovasi teknologi. S1 Food Business Technology akan hadir dengan molecular gastronomy, S1 Renewable Energy Engineering dengan simulasi energi terbarukan, S1 Computer Systems Engineering dan Product Design Engineering dengan pengalaman virtual reality, serta simulasi aplikasi ilmu matematika dari jurusan S1 Business Mathematics,” papar Prof. Janson.

Ditambahkan, School of Applied STEM secara intens juga banyak berkolaborasi dengan berbagai perusahaan, seperti DOKU, ada Adaro Power, Schneider, dan lainnya. Salah satunya melalui S1 Software Engineering yang membuat Living Lab, sebagai hasil nyata kerja sama dengan DOKU. Melalui Innovation Day ini peserta dapat mencoba langsung aplikasi tersebut di booth S1 Software Engineering.

Guna mewujudkan lingkungan kampus sebagai penggerak perubahan, Universitas Prasetiya Mulya terus mendukung para peserta didiknya melalui beragam program studi serta sarana dan prasarana yang dimiliki. Hingga kini Universitas Prasetiya Mulya memiliki School of Business and Economics dan juga School of Applied STEM yang masing-masing memiliki beragam program studi yang mampu mengakomodir minat dari peserta didik.  

School of Business and Economics memiliki 8 program studi S1 (Accounting, Branding, Business, Business Economics, Event, Finance & Banking, Hospitality Business dan International Business Law), sedangkan School of Applied STEM yang lebih berfokus pada pemanfaatan ilmu sains terapan memiliki 6 program studi S1 (Business Mathematics, Computer Systems Engineering, Software Engineering, Renewable Energy Engineering, Food Business Technology dan Product Design Engineering).(isur/rls)

No comments