[VIDEO] FPAB TINGKATKAN EKONOMI KELUARGA MELALUI PROGRAM GEPUK

Share:


Inilah Forum Peduli Anak Bangsa (FPAB) didirikan di  Kota Bandung untuk kepentingan masyarakat, khususnya perbaikan ekonomi keluarga. Forum ini bergerak di bidang sosial dan kini fokus pada peningkatan ketahanan keluarga melalui kemandirian ekonomi.

Selain pengukuhan pengurus baru FPAB masa bakti 2018-2021 juga pencanangan program Gerakan Penguatan Usaha Ekonomi Keluarga (Gepuk). Acara dihadiri unsur terkait, stakeholder dari dunia usaha, koperasi, pengurus serta anggota FPAB. Hadir juga wakil walikota terpilih Yana Mulyana pendamping Oded Muhamad Danial pada pilkada serentak 2018 lalu.

--- Jeda ---
Menanggulangi ekonomi rakyat bahasanya sangat simpel, penguatan usaha ekonomi keluarga. Ini diprakarsai Forum Peduli Anak Bangsa (FPAB) Kota Bandung dibawah naungan Wakil Walikota Bandung Oded Muh. Danial alias Mang Oded, walikota Bandung periode 2018-2023.

Program andalannya bernama Gerakan Penguatan Usaha  Ekonomi Keluarga (Gepuk) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, dan dinas terkait lainnya. Tujuannya agar masyarakat lebih berdaya secara ekonomi.

FPAB yang diketuai Hadi Permana itu, mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan potensi bernilai ekonomi. Program Gepuk paling menyentuh unsur RW dan RT. Anak jalanan juga menjadi salah satu kelompok yang dibina. Ngomong-ngomong soal IPM, program Gepuk besutan FPAB itu akan membawa solusi di Kota Bandung khususnya soal daya beli masyarakat.

Warga kreatif akan menjadi sumber ekonomi. Itu  sebabnya pemasarannya perlu dibantu. FPAB akan memberikan pelatihan memasarkan produk-produk masyarakat. Selain itu dibentuk pula kelompok diskusi masyarakat yang diberi nama Kodimas.

SB: Hadi Permana (Ketua FPAB Kota Bandung)

Malam itu dilakukan pengukuhan pengurus baru FPAB oleh Tamsil, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pelayanan Sosial Pada Dinas Sosial Kota Bandung, mewakili Wakil Walikota Bandung Oded Muh Danial.

Pengukuhan pengurus FPAB ditandai pembacaan SK oleh Dewi Sundawati, dilanjutkan penyematan tanda kepengurusan oleh Kabid Pemberdayaan dan Pelayanan Sosial Dinsos Kota Bandung. Sementara Yana Mulyana hadir sebagai tokoh masyarakat sekaligus wakil walikota terpilih.

SB: Tamsil (Kabid Pemberdayaan dan Pelayanan Sosial Dinsos Kota Bandung)

Menurut Wakil Walikota terpilih Yana Mulyana, FPAB memberikan inspirasi melalui program Gepuk dan membangkitkan pencapaian taraf ekonomi keluarga. Ini akan dikuatkan manakala dirinya dilantik.

SB: Yana Mulyana (Wakil Walikota Terpilih)

Dalam acara itu pun digelar pemaparan dan diskusi tentang produk kenamaan dari PT Melindo Cipta Agung, Grutty, dan Rendy Plaza. Salah satu produk tersebut berupa sepatu berlabel Mang Oded hasil karya masyarakat
Kota Bandung melalui pembinaan FPAB.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments