APEL PASUKAN OPERASI MANTAP BRATA LODAYA 2018 || PANGDAM III SILIWANGI DAN KAPOLDA JABAR AMANKAN PILEG & PILPRES 2019

Share:

BANDUNG - Apel bersama untuk pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 digelar di Lapangan Gasiu Bandung, Rabu 19 September 2018. Ini adalah apel pasukan ops mantap Brata lodaya 2018 paling berpengaruh di Jabar.

"Kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait termasuk TNI dalam mewujudkan keamanan dalam negeri yang kondusif," begitulah Pangdam III Siliwangi Majen TNI Besar Harto Karyawan, SH, MTr (Han) dalam gema sambutannya.

Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si menjadi pimpinan Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Brata Lodaya 2018. Apel bersama ini diawali pemeriksaan pasukan oleh Pangdam III/Siliwangi bersama Kapolda Jabar serta Para pejabat Pemerintahan yang tergabung dalam Forkopimda Jabar.

Apel ini dikerahkan pasukan gabung TNI - Polri sebanyak 1700 prajurit yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pemilihan Legislatif dan Pilpres 2019.

Pada sambutannya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) menyampaikan: "Apel ini merupakan langkah strategis untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 ".

Momentum Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Barata Lodaya 2018, kata Pangdam, semakin memperkokoh ikatan dan semangat silaturahmi, harmonisasi, kebersamaan dan soliditas antara TNI dan Polri serta unsur-unsur terkait lainnya.

"Perwujudan semangat ini sangat penting karena merupakan syarat terciptanya koordinasi, sinkronisasi dan sinergi di antara unsur-unsur tersebut dalam mewujudkan situasi yang aman, stabil dan kondusif ," jelasnya.

Pihaknya berharap pada Pileg dan Pilpres 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 tidak ada personil yang terlibat dalam kegiatan politik praktis. "Para personil TNI, Polri serta ASN agar tetap mempedomani dan melaksanakan segala aturan yang ada tentang Pemilu sehingga kita benar - benar dapat melaksanakan Netralitas dengan benar," tegasnya.

Selanjutnya Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si menekankan tentang Netralitas TNI dan Polri agar dapat dijaga dan mengedepankan langkah proaktif untuk deteksi dini serta penanganan secara dini.

"Dorong semua unsur yg terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu untuk melaksanakan tugas tanggung jawabnya sesuai peraturan dan ketentuan yg berlaku. Lakukan latihan secara terus menerus berkaitan dengan antisipasi permasalahan dilapangan. Kedepankan hukum dalam penyelesaian setiap permasalahan dalam penindakan di lapangan," tandasnya.

Pada kesempatan ini Kapolda juga membacakan amanat Kapolri berkaitan dengan penekanan pelaksanaan operasi pengamanan terhadap Pileg dan Pilpres 2019 hingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dan alat perlengkapan yang disiagakan untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.(isur/rls)

Sumber: Pengdam III Siliwangi

No comments