[VIDEO] KARANG TARUNA GIRI BAKTI RW 03 BABAKAN CIMENYAN GELAR RUWATAN LEMBUR DENGAN WAYANG GOLEK

Share:


Inilah sambutan atas kedatangan Kepala Desa Cimenyan Kab Bandung, Rukman Uden di RW 03 Kampung Babakan Cimenyan, Kec Cimenyan, Kab Bandung, Sabtu malam 15 September 2018. Perayaan ini disertai Ruwatan Lembur dengan pagelaran wayang golek menampilkan dalang Wawan Dede Amung Sutarya dari Munggul Pawenang Putra.

Sekilas kelihatan biasa saja, namun ada yang tidak biasa di sini. Ruwatan Lembur diprakarsai anak-anak muda dari Karang Taruna RW 03 dan dihadiri anggota DPR RI Rachel Maryam dan calon legislatif  Eman Badrujaman dari Partai Gerindra.

Ruwatan Lembur dimaksudkan demi keselamatan dan kesejahteraan warga di Desa Cimenyan. Seperti adat turun temurun, Ruwatan Lembur dilakukan dengan pagelaran wayang golek dan sengaja dilakukan malam hari.

Selain kepala desa juga hadir Kapolsek Cimenyan, Babinsa, Unit Shabara, para tokoh masyarakat dan pemuda. Sedikitnya 800 penonton ikut meramaikan ruwatan sekaligus syukuran kemerdekaan di lapangan terbuka itu.

SB: Widi Haryono, S.Kom (Karang Taruna RW 03 Cimenyan)

Menurut kepercayaan adat sunda, ritual Ruwatan Lembur merupakan bentuk kepasrahan atas takdir Hyangwidi, untuk membuang kesialan dan kemalangan. Dalam ajaran agama, ini merupakan bentuk syukuran atas nikmat Ilahi dan mencegah bencana dan malapetaka.

SB: Ade Kosasih alias Ako (Tokoh Masyarakat Cimenyan)

Acara ini menjadi ajang para caleg memperkenalkan diri di hadapan para konstituennya. Berikut komentar sekaligus dukungan para legislator dan caleg yang menghadiri ruwatan tersebut.

SB: Rachel Maryam (Anggota DPR RI/Caleg Gerindra)
SB: H. Eman Badrujaman (Tokoh Masyarakat/ Caleg DPRD Kab Bandung)

Paling penting dari  acara ini tentu kebersamaan, ketekunan, keyakinan, dan kegembiraan seluruh warga termasuk pemuda. Mereka telah melestarikan budaya karuhun yang sudah vakum sejak 10 tahun lalu. Itu artinya, mereka menolak budaya luar yang cenderung negatif.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments