[VIDEO] BIMTEK GURU BK DAN SISWA SMA/SMK CIPTAKAN ANAK MENJADI AGEN PERUBAHAN || KREATIVITAS KOMUNITAS KERLIP JAWA BARAT

Share:


Sedikitnya 50 orang yang berasal dari kalangan guru  BK (Bimbingan dan Konseling) serta siswa dari 16 SMA/SMK se-Kota Bandung, mengikuti pelatihan di Hotel Kalimasa Jln Kalimantan No 5 Bandung.

Acara yang digagas Perkumpulan Keluarga Peduli  Pendidikan (Kerlip) sebuah gerakan sosial berbasis keluarga ini, berupaya mendorong pemenuhan hak hidup bermartabat, hak atas pendidikan, dan hak-hak anak di Indonesia.

Acara yang berlangsung tiga hari sejak 25 hingga 27 Oktober 2018 itu lebih mengedepankan peran anak sebagai agen perubahan. Kerlip menghadirkan Istri walikota Bandung Siti Muntamah Oded yang didaulat sebagai pembicara utama.

Dalam Bimtek ini, terungkap beberapa hal penting,  antara lain perlakuan guru, sikap orangtua, dan prilaku anak. Berikan keleluasaan kepada anak untuk menciptakan solusi. Anak juga jangan hanya dipandang sebabai troble maker dalam keluarga.

SB: HJ. SITI MUNTAMAH ODED (ISTRI WALIKOTA BANDUNG)

Menurut Ketua DPD Kerlip Jawa Barat, Ekasari Widyati, prilaku menyimpang anak-anak dapat dipelajari dengan keterampilan Dukungan Psikologi Awal (DPA). DPA membantu mengenali secara awal bentuk dan sumber masalah psikologis dan memberi perhatian, mendengar secara aktif, dan menghubungkan ke pihak lain yang bisa membantu lebih lanjut.

SB: EKASARI WIDYATI (KETUA DPD KERLIP JAWA BARAT)

Apa sebenarnya yang diinginkan anak-anak saat ini ketika mereka mendapat tugas secara natural sebagai generasi baru. Nabila Ishma Nurhabibah siswa SMA Negeri 1 Bandung mewakili anak-anak Indonesia menyatakan, keterampilan Dukungan Psikologi Awal merupakan bentuk partisipasi anak sebagai bagian dari implementasi sekolah ramah anak.

SB: NABILA ISHMA NURHABIBAH (NARASUMBER DARI SMAN 1 BANDUNG)

Bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), khususnya Sub Dit Anak dan Remaja pada Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, upaya yang Kerlip lakukan ini terutama untuk menguatkan pentingnya kemitraan Tri Sentra Pendidikan.

SB: NANIK SUWARYANI (KASUBDIT ANAK & REMAJA DITBINA PENDIDIKAN KELUARGA KEMENDIKBUD)

Anak memang sangat unik dan berpotensi. Untuk itu perlu adanya kolaboratif learning antara guru BK dengan siswa. Konsepsi itulah yang saat ini diperlukan anak-anak di sekolah maupun di keluarga.

SB: MUHAMMAD MUHAJIRIN, M.PD (GURU BK SMA NEGERI 1 BANDUNG)

Saat ini Kerlip bermitra dengan sejumlah kementerian dan lembaga maupun NGO nasional dan internasional. Termasuk salah satunya dalam kegiatan Bimtek Anak Sebagai Agen Perubahan dan Bagian dari Solusi melalui
Dukungan Psikologi Awal.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments