[VIDEO] TURANGGA FESTIVAL, EVENT KAMPUNG BERKELAS NASIONAL | PUNCAK ACARA HUT KE-73 RI & HARI JADI KE-208 KOTA BANDUNG

Share:


Namanya Turangga Festival. Ini diadakan di tingkat kelurahan Turangga Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Kreativitasnya nyaris sama dengan event nasional dan dinilai sangat inklusif. Betapa tidak, seluruh unsur dan kebolehan tumpah ruah ke acara yang melibatkan ratusan warga ini.

Turangga Festival yang digelar Sabtu 6 Oktober 2018 itu, diadakan sebagai puncak peringatan Ulang Tahun ke-73 kemerdekaan bangsa Indonesia, sekaligus Hari Jadi ke 208 tahun Kota Bandung. Selain pawai karnaval, helaran tahunan yang melibatkan unsur Kelurahan, Karang Taruna, LPM, dan tim penggerak PKK ini, digelar sejumlah lomba, seperti:

1. Lomba Cerdas Cermat Kader PKK;
2. Lomba Balita Sehat;
3. Lomba Pemaparan PIPPK Sebagai Model Pembangunan
Berbasis Masyarakat ;
4. Lomba Kebersihan Lingkungan RW;
5. Lomba Senam Tingkat Sekolah Dasar;
6. Lomba Karaoke Lansia;
7. Lomba Nasi Tumpeng Antar RW;

Ada pula aksi unik lainnya, seperti:
8.  Bhakti Sosial Pemeriksaan Mata Gratis ;
9.  Parade Kendaraan Hias Roda Tiga Pengangkut Sampah ;
10. Bazaar;
11. Karnaval;
12. Pentas Seni;
13. Kabaret;
14. Nonton Bareng Film Iqro dari Pusbang Film Kemendikbud;
15. Aksi anak-anak disabilitas, dll

Acara yang berlangsung di Jalan Karawitan Kota Bandung itu merangkul kerjasama dan silaturahmi antarwarga yang tinggal di Kelurahan Turangga, baik pelaku bisnis, pendidikan, pengusaha maupun unsur masyarakat lainnya.

Tujuan acara ini untuk memperkokoh rasa persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kebersamaan, serta rasa saling peduli, sebagai implementasi dari sifat patriotisme, untuk membangun kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat, yang lebih baik dalam berbagai aspek;

SB: Tri Andayani, ST (Ketua LPM/ Ketua Panitia Penyelenggara)

Bagi Karang Taruna, acara ini menjadi motivasi untuk ikut terlibat membangun kebersamaan.

SB: Sofwan Fachry (Ketua Karta Cipta Karsa Kel. Turangga)

Masyarakat Turangga adalah bagian dari bangsa ini, berupaya melestarikan nilai–nilai kejuangan, terlibat dalam bakti sosial, untuk melanjutkan perjuangan membangun negara dan bangsa.

SB: Gina Lisgiani, S.Pd (Ketua TP-PKK Kel. Turangga)

Acara ini sengaja dikemas sebagai bentuk kegotongroyongan, kebersamaan dan keguyuban warga masyarakat Kelurahan Turangga, serta sebagai bentuk hiburan demi meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat.

SB: Gun Gun Ginanjar, S.Sos (Lurah Turangga)

Pada malam harinya, diputar film berjudul Iqro yang dibuat oleh Pusat Pengembangan Film Kemendikbud. Antusias penonton sangat terasa mengingatkan kita pada era tahun 1980-an. Hadir dalam nobar itu KapusbangFilm Maman Widjaya didampingi Dewi pengisi suara Nobita dan pengisi suara Dora Emon.

isur suryana melaporkan ...

No comments