[VIDEO] RATUSAN WARGA PANUNDAAN CIWIDEY PERIKSA MATA GRATIS || MUGI SUDJANA BERBAKTI DEMI KESEHATAN BANGSA

Share:



Kecamatan Ciwidey, Kab. Bandung, berada di area 800 meter dpl, merupakan kawasan wisata yang paling sering dikunjungi pelancong dari banyak tempat. 90 persen warganya hidup bertani, terutama seledri sebagai komoditas sayuran andalannya, begitu pun strawberry sebagai komoditas buah andalan warga di sini.  

Di tengah kondisi damai meski suhu udara dingin itu, tepatnya di Baledesa Panundaan, 153 warga di sini tercatat sebagai pasien pemeriksaan mata secara gratis. Dari jumlah yang diperiksa tim dokter, 30 persennya mengalami kelainan Katarak. Tidak hanya orang dewasa, ada juga pasien yang masih anak-anak.

Ini merupakan wujud bakti sosial ormas BBC (Buahbatu Corps) yang diketuai Mugi Sudjana dalam rangkaian Milad ke-12 tahun ormas ini. Beragam keluhan dan masalah pada mata mereka.

Namun dokter Viora Rianda dan seorang perawat RS Cicendo ini telaten memeriksa satu persatu pasien dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. Yang diperiksa pertama kali justru Kepala Desa Panundaan Asep Ma'mun Awaludin, disusul pasien lainnya hingga selesai.

Yang istimewa dari kegiatan bakti sosial di Desa Panundaan kali ini, selain karena kiprah sosial Mugi Sudjana, juga bertepatan dengan mulai dioperasikannya kantor desa ini. Bahkan, menurut pengurus Desa Panundaan, hari itu bertepatan dengan ulangtahun ke-36 Kades Asep Ma'mun.

SB: ........  (CALEG PARTAI BERKARYA UNTUK DPRD KAB. BANDUNG)

Selain pemeriksaan gratis, pihak panitia yang merupakan kerjasama Ormas BBC, RS Cicendo Bandung dan Desa Panundaan, juga disediakan obat-obatan dan kacamata secukupnya.

SB: DIDIN KURNIADIN (SEKRETARIS BPD PANUNDAAN)

Tentu warga merasakan manfaat dari aksi bakti sosial ini. Mugi Sudjana yang juga caleg DPD RI dapil Jawa Barat nomor urut 53, mendapat support dukungan dan doa dari warga Panundaan.

SB: IKA SURYATI (KETUA RW 16 DESA PANUNDAAN)

Namun ditegaskan bahwa kegiatan bakti sosial ini bukan bentuk kampanye. Tetapi murni kegiatan kemanusiaan dari ormas BBC yang selama ini sering membantu kesulitan masyarakat.

SB: Mugi Sudjana (Ketum Ormas BBC - Caleg DPD RI No. 53 Dapil Jabar)

Hasil pemeriksaan selama 6 jam tanpa istirahat itu, dokter Viora Rianda menyatakan rata-rata pasien mengalami kering mata lantaran usia diatas 50 tahun. Selain katarak juga akibat kelainan syaraf mata.

SB: DR. VIORA RIANDA (DOKTER SPESIALIS MATA RS CICENDO BANDUNG)

Sebagai bukti bakti sosial ini terus berlanjut, Ormas BBC juga akan menggelar kegiatan yang sama di sejumlah daerah lainnya se-Jawa Barat. Pimpinan ormas BBC berharap kiprahnya sebagai ormas dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments