[VIDEO] JABAR AKAN JADI SENTRA KOPI TERBAIK DUNIA | BERTANI KOPI ITU HARUS DENGAN CINTA

Share:


Perjalanan berikutnya di kab Garut yang merupakan sosialisasi pencalonan Mugi Sudjana untuk DPD RI Nomor Urut 53, telah sampai di Kec. Cisurupan, mendekati Garut Selatan. Mugi Sudjana diterima antusias dan berdiskusi dengan para petani kopi di Kedai kopi Station.

Di sini ada puluhan koordinator lapangan dan petani yang siap berjuang untuk pemenangan Mugi Sudjana di Kab. Garut. Masih didampingi penggiat lingkungan hidup dari Gerakan Hejo Wa Ratno, Mugi Sudjana pun  menjelaskan program Ormas BBC yang konsern terhadap masalah pertanian dan lingkungan.

Pembicaraan mengarah ke seluk beluk pertanian kopi. Mugi Sudjana siap memberi bibit tanaman kopi untuk dimanfaatkan para petani. Menurutnya, menanam kopi itu harus dengan hati. Karuhun Mugi Sudjana juga pernah bertani kopi. Pengalaman membuktikan, petani harus mencintai pohon kopi agar hasilnya bagus dan mampu mengurusnya dengan baik.

Di sela-sela pertemuan ini, Mugi Sudjana membagikan secara simbolis ribuan bibit kopi kepada petani setempat.

Dalam pembicaraan terkait pencalonan di DPD RI, Mugi Sudjana mendapat dukungan semua petani dan tim jaringan ini. Mugi Sudjana harus dapat mewakili aspirasi petani dan penggiat lingkungan di parlemen nasional. Inilah testimoni mereka.

wawancara ....
Jawa Barat memiliki keistimewaan alam, para petani Garut siap menjadikan Jawa Barat sebagai sentra kopi. Mugi Sudjana menghadirkan ahli kopi Abah Aspara Septa yang menjelaskan secara rinci cara terbaik menanam dan mengolah kopi.

Dari pertemuan ini Mugi Sudjana mendapat banyak pengetahuan soal kebutuhan petani. Ada harapan besar jika Mugi Sudjana masuk di DPD RI, aspirasi petani akan tersalurkan.

Dengan blusukan ke kampung-kampung itu, Mugi Sudjana memungkinkan mendapat dukungan besar dari masyarakat Jawa Barat. Sangat dimungkinkan suara petani di Kab. Garut, membawa Mugi Sudjana ke kursi DPD RI.

-------------

Perjalanan dilanjutkan ke Desa Karamat Wangi Ke. Cikajang, khususnya di RM Sodong. Ini sebenarnya jalan menuju ujung Garut Selatan. Di sini Mugi Sudjana bertemu salah satu tokoh terkemuka Haji Undang Anto, tepatnya di Kamp. Legok, RT 01/ RW03.

Selain dengan Haji Undang, rombongan Mugi Sudjana juga diterima dan berdiskusi dengan 10 tokoh masyarakat Sodong. Odang adalah juru bicara pertemuan ini. Kata Odang, di parlemen Jakarta khususnya DPD RI, harus ada perwakilan dari tokoh Sunda sekaliber Mugi Sudjana, "anu bakal nyaah ka rakyat'. Untuk itu, 3700 hak pilih di daerah ini akan diarahkan untuk memilih Mugi Sudjana agar masuk di parlemen pusat.
 
SB: H. Undang Anto (Tokoh Masyarakat Garut Selatan)

Isur Suryana melaporkan ...

No comments