[VIDEO] MUGI SUDJANA SAMBUT TAHUN BARU 2019 DENGAN PAGELARAN SENI BUDAYA SUNDA | KREATIVITAS WARGA CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG

Share:


Ketua Umum Ormas BBC yang juga berjuluk Sang Budayawan Sunda Mugi Sudjana bersama Camat Ciwidey Karyadi Rahardjo, menyambut pergantian tahun 2018 ke 2019 dengan menghadiri pagelaran seni budaya sunda (Pasebban) di Takoci alias Taman Kota Ciwidey, 29 hingga 31 desember 2018.

Kedatangan rombongan Mugi Sudjana bersama isteri tercinta Gina Sadeli, dan Muspika Ciwidey dipimpin camat Karyadi Rahardjo didampingi isteri Fitri Priminingrum, disambut Ki Longser dan pasukan pendekar muda berbagai paguron silat di Kab Bandung. Penyambutan ditandai pengalungan bunga. Pasebban ini digelar sejak idenya dicetuskan zaman bupati Bandung Obar Sobarna.   

Sambutan perdana Ketua Pasebban Tohrim Sudrajat yang merupakan tokoh budaya Kab Bandung, disusul sambutan budayawan Jawa Barat BBC Mugi Sudjana. Keduanya menekankan pentingnya menanamkan budaya kepada generasi saat ini.

Sementara itu dalam kata sambutannya, Camat Ciwidey Karyadi Rahardjo menekankan pengkaderan seni budaya sunda khususnya pencak silat, dilakukan terhadap anak usia dini. Tujuannya agar generasi berikutnya bisa mencintai budaya leluhur. Camat Ciwidey sekaligus membuka Pagelaran tersebut dengan pembacaan basmalah dan pemukulan gong.

Tidak hanya pencak silat, Pasebban juga menghadirkan seni buhun lainnya seperti karinding, celempung, gondang, jaipong, reog, calung, bangkong reang, rampak sekar, percussion, teater kabaret, band anak muda, diakhiri wayang golek pada malam menjelang pergantian tahun.

SB: H. Tohrim Sudrajat (Ketua Pasebban Ciwidey Kab. Bandung)

Tohrim yang akrab disapa Pa Utoh itu didaulat naik ke panggung sebagai tanda dimulainya pagelaran seni pencak silat di hari pertama. Jurus tepak tilu pendekar tua ini membuat penonton terpukau.

Namun, tak dinyana saat Pa Utoh unjuk kebolehan di atas panggung, tiba-tiba sang pendekar cilik berusia dibawah tiga tahun bernama Doni dari Paguron Sakanca Putra mengeluarkan jurus2 andalannya.

Para penonton pun ambil kamera ponsel dan mengabadikannya. Isteri Camat Ciwidey Ibu Fitri Priminingrum turun dari tempat duduknya dan memberi amplop berisi uang. Sementara Camat Ciwidey Karyadi Rahardjo menggendong Doni sebagai tanda salut atas aksi anak pemberani itu.

SB: H. Karyadi Rahardjo, A,Ap, M.Si (Camat Ciwidey)

Dan inilah komentar budayawan sekaligus Ketua Umum Ormas BBC Mugi Sudjana menanggapi digelarnya Pasebban 2018.

SB: H. Mugi Sudjana (Ketua Umum Ormas BBC)

Mereka inilah generasi baru pencak silat dari 27 paguron se-Kab Bandung. Pada dasarnya, pencak silat selain bela diri juga sangat baik untuk tubuh. Merupakan latihan tubuh total, sangat baik untuk kesehatan jantung, mempertahankan berat badan ideal, menambah massa otot, membakar kalori secara efektif, dan meningkatnya refleksitas otak. Pertunjukan seni bela diri pencak silat bisa menghilangkan stres dan frustrasi, juga dapat membantu membuat kita lebih bahagia.

Selepas acara, Mugi Sudjana dan Camat menikmati sajian khas sunda sambil berbincang mengenai Pasebban. Saat itu hadir juga seorang tokoh kawakan BBC Tempo Dulu, Demang Sastrawirya alias Pa Demang.  Dari tiga kecamatan yang dikuasainya, yakni Pasir Jambu, Ciwidey, dan Rancabali, suara pemilih akan diarahkan untuk Mugi Sudjana di Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

SB: Demang Sastrawirya (Tokoh Masyarakat Kab. Bandung)

Mugi Sudjana juga didukung warga di 7 desa di Kec. Ciwidey yang berasal dari prakarsa ormas BBC setempat ...

SB: Eeng Suhendri (Ketua DPC Ormas BBC Ciwidey)

Melalui Prakarsa Rudi Hendrawan, tokoh Pemuda Ciwidey, Rancabali dan Pasir Jambu, Mugi Sudjana dipertemukan juga dengan para tim jaringan yang menguasai pelosok desa di tiga kecamatan. Di rumah kediaman Rudi Hendrawan yang juga fasilitator berbagai acara di Kab Bandung ini, Mugi Sudjana mendapat dukungan yang cukup menggembirakan.

SB: Rudi Hendrawan (Fasilitator - Tokoh Pemuda Ciwidey Kab. Bandung)

Untuk wilayah Kab Bandung, khususnya Ciwidey dan Rancabali, pemasangan stiker dan banner bergambar Mugi Sudjana dengan nomor urut 53 untuk DPD RI sudah menyebar. Diharapkan selain kerja para tim jaringan, juga wajah dan nomor urut membantu mengenalkan Mugi Sudjana kepada masyarakat.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments