[VIDEO] KH MA'RUF AMIN DIDUKUNG KELUARGA BESAR ETNIS SUNDA SE JAWA BARAT

Share:





 Cawapres
nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin dikukuhkan sebagai sesepuh Sunda saat bersilahturahmi dengan para tokoh masyarakat sunda di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/1) lalu. Hadir Ketua Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi, sesepuh Jawa Barat, Solihin GP alias Mang Ihin, Dewan Pembina Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin. Solihin GP menyempatkan datang meski dirinya harus duduk di kursi roda. Pengukuhan ini diprakarsai Komunitas Sadulur Salembur Ki-Sunda.

Kyai  Ma'ruf Amin ternyata masih keturunan darah Pasundan dari terah Sumedang. Ini menjadi penghormatan untuk dirinya demi mewujudkan cita-cita leluhur Pasundan. Ini juga membuktikan Jokowi menghargai masyarakat Sunda.

Ketua Komunitas Sadulur Salembur Ki-Sunda, Heidi Mulyadi Hidayat, mengapresiasi kehadiran para sesepuh Jawa Barat dan ia berharap kehadiran Ma'ruf Amin bisa mempersatukan kembali masyarakat Sunda yang sempat terbelah akibat Pilpres 2019.

SB: Heidi Mulyadi Hidayat (Ketua Komunitas Sadulur Salembur Ki-Sunda)

Kyai  Ma'ruf  Amin sempat diberikan sorban dan kujang sebagai simbol dirinya sesepuh Sunda oleh Solihin GP yang pernah menjabat Gubernur Jawa Barat periode 1970-1974 itu. Pejuang 45 itu memberi hormat kepada Ma'ruf Amin.

SB: KH. Ma'ruf Amin (Cawapres Pasangan Jokowi Nomor Urut 01)

Di akhir acara, giliran Ma'ruf mengalungkan sorban kepada Solihin GP, dan juga sejumlah tokoh Sunda. Antara lain kepada Ketua Komunitas Sadulur Salembur Heidi Mulyadi Hidayat, tokoh Pasundan, Didi Turmudi, Ketua Umum Ormas BBC Mugi Sudjana, dan tokoh lainnya.

SB: Solihin GP (Sesepuh Jawa Barat)

Selain  tokoh lainnya hadir pula Ketua Umum Ormas BBC Mugi Sudjana yang juga menggagas lahirnya Komunitas Sadulur Salembur Ki-Sunda ini. Mugi Sudjana mendukung Kyai Ma'ruf karena satu-satunya keturunan Ki-Sunda yang akan tampil di kepemimpinan nasional.

SB: H. Mugi Sudjana (Ketua umum Ormas BBC)

Apakah  kehadiran Kyai Ma'ruf Amin sekaligus pengukuhan dirinya sebagai Sesepuh Sunda akan menaikan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat? Kita lihat saja hasilnya setelah pencoblosan 17 April 2019. Masyarakat berharap lahir pemimpin nasional yang menjadi dambaan rakyat.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments