[VIDEO] SIMULASI PENCOBLOSAN | MUGI SUDJANA DITONGKRONGI PANWASCAM PARONGPONG

Share:


Pemilu 2019 terbilang paling rumit sepanjang sejarah pemilihan umum Indonesia. Betapa tidak, lima kartu suara mesti diingat oleh setiap satu pemilih. Bagi remaja, mungkin masih bisa menghafal cepat lima kartu suara dengan lima warna berbeda. Tetapi bagi warga berusia diatas 50 tahun, cukup sulit mengingat. Belum lagi harus mengingat caleg mana yang harus dicoblos dengan rentetan nomor dan nama yang mungkin tidak mereka kenal.

Di halaman luar Gelanggang Olahraga (GOR) Futsal Purnama, Desa Sariwangi, Kec. Parongpong KBB, dilakukan simulasi pencoblosan sebagai kreativitas masyarakat dan caleg untuk mengenalkan calon dan warna surat suara. Warna Hijau untuk DPRD Kab/kota, Biru untuk DPRD provinsi, Kuning untuk DPR RI, Merah untuk DPD RI dan warna Abu2 untuk presiden dan wakil presiden.  

Cara ini cukup kreatif, inovatif dan solutif disaat keterbatasan jumlah personel KPU maupun Panwas. Tiga caleg yang tergabung di acara ini Mugi Sudjana no 53 untuk DPD RI dari Ormas BBC. Bambang Usadi nomor urut 7 Caleg NasDem untuk DPR RI, dan Denie Sonjaya caleg nomor 4 Partai NasDem untuk DPRD KBB. Sosialisasi disertai simulasi pencoblosan yang melibatkan masyarakat Desa Sariwangi di Kecamatan Parongpong itu, dipandu MC lincah Ela Hayati dari Ormas BBC KBB.

Acara ini mendapat pemantauan langsung Panwas Kecamatan Parongpong dan Panwas Desa Sariwangi. Namun sejauh ini cara yang dilakukan panitia dan caleg masih wajar dan sangat membantu meningkatkan daya partisipasi masyarakat terhadap Pemilu 2019. Sementara itu Mugi Sudjana yang tampil sebagai Ketua umum Ormas BBC sangat apresiatif melihat antusias masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang DPD RI dan kapasitas calonnya.

SB: H. Mugi Sudjana (Ketua Umum Ormas BBC - Caleg No. 53 DPD RI Dapil Jabar)

Di sisi lain, orangtua sibuk simulasi pencoblosan, ratusan anak-anak PAUD dilibatkan dalam lomba mewarnai di bagian dalam GOR Purnama tempat simulasi pencoblosan ini. Menurut Caleg nomor 7 Partai NasDem untuk DPR RI, Irjen Pol Bambang Usadi, sangat penting mengadakan lomba menggambar dan mewarnai untuk anak PAUD, terutama merangsang kreativitas dan kualitas anak cara memahami lingkungan sekitarnya.

SB: Irjen Pol (P) Dr. H. Bambang Usadi, MM (Caleg NasDem No. 7 untuk DPR RI Dapil Jabar 2)

Yang menjadi poin penilaian lomba gambar dan mewarnai ini, antara lain kerapihan mewarnai dan keselarasan warna. Sedangkan dewan juri ini berasal dari mantan UPTD Kab Bandung, seperti Aam Rochamah, Euis Faridawati dan Diah Sudiah.

SB: Denie Sonjaya, ST (Panitia, Caleg No. 4 Partai NasDem untuk DPRD KBB)

Menurut pengurus RW 15 Desa Sariwangi Parongpong ini, simulasi pencoblosan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena pemilu sekarang setidaknya lima kartu suara dengan lima warna berbeda sangat membingungkan masyarakat.

SB: Ardi Idrawan (Ketua RW 15 Desa Sariwangi Parongpong KBB)

Ketua DPD Ormas BBC Kabupaten Bandung Barat Dadang Somantri menilai, Ketua Umum Ormas BBC Mugi Sudjana sangat pantas jika harus duduk di parlemen nasional. Mugi dianggap matang di organisasi sehingga dipercaya dan diharapkan warga Jawa Barat mewakili aspirasi di DPD RI.

SB: Dadang Somatri (Ketua DPD Ormas BBC Kab. Bandung Barat)

Sementara itu, sejak acara ini mulai dibuka, sejumlah awak Panwascam Parongpong dan Panwas Desa Sariwangi sudah memonitor jalannya simulasi. Sejauh ini pihak Panwas menilai cukup wajar. Mengenai data-data pelanggaran akan diinput sesuai mekanisme yang berlaku.

SB:  Rizal Abdul Gani (Komisioner Panwaslu Kec. Parongpong, KBB)

Dari 187 peserta yang berasal dari 8 PAUD dan RA di Desa Sariwangi itu akan terpilih juara 1,2, dan 3, begitu pun juara harapan 1,2 dan 3. Mendapatkan tropi dan cenderamata. Acara serupa akan berlanjut di 7 desa berikutnya. Mereka adalah calon pengganti generasi milenial saat ini menuju Indonesia baru di masa depan.

Isur Suryana melaporkan ...
 

No comments