[VIDEO] YAYASAN BIRUKU INDONESIA GELAR CHARITY FASHION SHOW FOR DISABILITY | GALANG DANA UNTUK DISABILITAS & PENDIDIKAN INKLUSIF

Share:


Di arena ECC Creative Hall BTC Fashion Mall Bandung, Kamis (24 Januari 2019) lalu, 20-an anak dan remaja mengenakan kaus warna-warni bertuliskan kalimat inspiratif. Mereka bagaikan top model diatas panggung Charity Fashion Show for Disabilty.

Tak disangka ketika disadari bahwa anak-anak yang berpose dalam fashion show itu rata-rata penyandang autisma. 51 anak disabilitas terlibat dalam acara yang dipandu langsung Juju Sukmana, Pembina Yayasan Biruku Indonesia. Dari 51 anak disabilitas itu, 75 persen penyandang autisme. Mereka berlatih dua bulan. Ada yang memiliki bakat menyanyi, bermain musik, menari, dan lainnya.

Bakat-bakat itulah yang diperlihatkan dalam rangkaian fashion show sejumlah desainer seperti Alice Salindra, Verena Mia, Mashella Veronica, dan Albis. Itulah alasan Alice memberi warna emas dalam busana yang dipamerkannya. Lebih meriah lagi saat acara ini dihadiri vokalis Nidji, Giring Ganesha, dan wakil ketua tim penggerak PKK Lina Marlina isteri wakil gubernur Jawa Barat itu.

SB: Alice Salindra (Disainer/ Perancang Mode)

Acara ini juga sebagai upaya penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan dana 157 jutaan. Dana tersebut dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana bagi kegiatan pendidikan anak disabilitas di Yayasan Biruku Indonesia. Dana juga untuk peningkatan kompetensi guru sekolah inklusif di Kota Bandung yang telah menerima murid penyandang disabilitas khususnya autisme.

SB: Juju Sukma (Pembina Yayasan Biruku Indonesia)

Salah satu perancang mode penyandang yang juga disabailitas asal Bandung Barat Rahmat, ikut ambil bagian dalam sesion bergengsi itu.

SB: Rahmat (Perancang Mode Disabilitas)

Acara dimulai pukul 20.00 WIB, ada fashion show jugapemberian donasi dari hasil penjualan karya fashion show para desainer. Giring Ganesha juga tampil bersama komunitas disabilitas. Ada penampilan dari anak-anak penyandang disabilitas memainkan angklung, jimbe, keyboard, band, Seni Tari, dan Crown Special Cheers.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments