[VIDEO] GUBERNUR JABAR PERANGI PENYAKIT TBC DENGAN SENJATA PERGUBNYA

Share:


Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperkuat komitmen memberantas penyakit tuberculosis (TBC) melalui Peraturan Gubernur Nomor 12 tahun 2019 tentang Rencana Aksi Daerah Upaya, Pencegahan dan Pengendalian TBC di Jawa Barat.

Pergub yang sudah ditandatangani Gubernur Ridwan Kamil mulai disosialisasikan kepada publik pada peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (8 April 2019). Acara dibuka Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Barat Uus Sukmara.

Pergub lahir karena dari 27 kabupaten/kota di Jabar, baru lima daerah yang memiliki Rencana Aksi daerah. Yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, dan Kota Cirebon. Seyogianya menstimulus 22 daerah lainnya agar segera memiliki cetak biru penanggulangan TBC.

WAWANCARA .............

Dibuka sesi diskusi melalui talkshow menghadirkan mantan pasien terdampak TBC serta dokter ahli penyakit paru-paru. Dari 842 ribu kasus baru TBC di Indonesia, sekitar 127 ribu kasus ada di Jawa Barat. Yang baru bisa diobati baru 50 persennya. TBC tidak mengenal usia, jenis kelamin, status sosial, pekerjaan, dan ras.

Dinas Kesehatan Jabar telah memeriksa 8.369 warga di sembilan kabupaten/kota. Petugas menemukan 873 orang di antaranya menunjukkan gejala TBC, sedangkan 41 lainnya dinyatakan positif.

WAWANCARA ...........

Petugas juga memeriksa berbagai tempat berisiko seperti pondok pesantren, asrama TNI-POLRI, serta  lembaga pemasyarakat atau rumah tahanan. Hasilnya petugas menemukan 57 orang positif TBC.

Peringatan Hari TBC Sedunia penting untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya TBC. Penyakit yang disebabkan bakteri mycobacterium tuberculosis ini harus menjadi isu utama di semua lini.

WAWANCARA ............

Guna memperkuat komitmen penanggulangan TBC, semua stakeholder harus berkontribusi dalam berbagai program pencegahan dan pengendalian, penyebarluasan informasi, serta aktif melibatkan semua pihak dalam pelayanan program TBC.

Isur suryana melaporkan ...

No comments