[VIDEO] PENERBIT ERLANGGA BANTU KORBAN BANJIR DI EMPAT RW KEL. ANDIR KAB. BANDUNG

Share:


Di tengah penderitaan akibat banjir yang melanda kawasan Bandung Selatan, banyak pihak yang peduli para korban. Tidak terkecuali Penerbit Erlangga, memberi bantuan melalui program CSR Peduli korban Banjir. Lokasi yang dibantu antara lain warga di wilayah RW 06, 07, 09, dan RW 13. Warga di empat RW dan tiga kecamatan sudah merasakan rendaman air banjir sejak tiga bulan lalu.

Rumah mereka terendam hingga hampir ke atap. Penduduk yang rumahnya satu tingkat, terpaksa mengungsi ke tempat lebih tinggi. Warga yang rumahnya dua tingkat memaksa tinggal di rumah sampai air benar-benar surut. Air banjir ini kiriman dari Pangalengan, Cikapundung, Kota Bandung, dan Dayeuhkolot.

Kondisi banjir di Kelurahan Andir, Kab. Bandung, terbilang paling parah. Ketinggian air mencapai hampir dua meter. Tim media, potensi SAR, maupun Tim relawan menuju RW 13 Kelurahan Andir untuk menyerahkan bantuan dari Penerbit Erlangga. Di sini juga ada Forum Solidaritas Peduli Andir yang menerima bantuan tersebut. 

Di perjalanan tim ekspedisi kemanusiaan bersama utusan Penerbit Erlangga menggunakan perahu buatan Pak Salim. Perahu ini bantuan dari Penerbit Erlangga. Seluruhnya berjumlah 10 unit dengan harga produksi mencapai Rp20 juta. Sejumlah bantuan diterima oleh Bambang Suprianto dan warga di kawasan Andir, khususnya RW 13 ini.

SB: Bambang Supriyanto [Ketua RT 01 RW 13, Kel. Andir, Kab. Bandung]

Warga sebenarnya bisa saja pindah dari kawasan tersebut, tetapi mereka tetap bertahan karena butuh solusi dari pemerintah. Dan inilah jeritan warga yang terdampak banjir.

SB: Abah Ule [Ketua Forum Solidaritas Peduli Andir]
SB: Rohmana [Korban Banjir Warga RW 09 Andir]

Keesokan harinya, potensi SAR yang juga aktivis penyelamat korban banjir Asep Mulyana mendatangi kantor Penerbit Erlangga Cabang Bandung, di Jln Soekarno-Hatta. Pria yang akrab disapa Asmul itu diterima Kepala HRD Penerbit Erlangga, Sugeng. Pada saat itu juga, Asmul menyerahkan cenderamata tanda terimakasih warga empat RW di Andir dan Forum Solidaritas Peduli Andir.

SB: Sugeng, SPd [Kepala HRD Penerbit Erlangga Cabang Bandung]

Bukan kolam retensi yang dibutuhkan, tetapi Situ Andir seluas seratus hektar untuk mengatasi masalah banjir. Penduduk tidak akan pindah dari kawasan tersebut hingga ada solusi yang dikerjakan pemerintah.

isur suryana melaporkan ...

No comments