INILAH METODE 10 MENIT HAFAL SATU HALAMAN ALQURAN | LANSIA JUGA BISA MELAKUKANNYA

Share:

BANYAK generasi saat ini, tidak hanya anak-anak, remaja, dan dewasa, bahkan orang lanjut usia pun masih berkeinginan untuk hafal al-Qur'an. Pertanyaannya, bisakah orang lansia menghafal al-Qur'an 30 Juz? Jawabannya, tentu saja bisa jika menggunakan metode Ustad Ahmad Jaaze Hafidzullah, METODE 10 MENIT HAFAL SATU HALAMAN.

Namun, sebelum Anda memulai menghafal al-Qur'an METODE 10 MENIT HAFAL SATU HALAMAN, terlebih dahulu simak keterangan berikut ini.

SYARAT UTAMA
1. Tersenyum Bahagia
Pandangan Kesehatan Tubuh akan mengeluarkan Hormon Endorphin, yakni untuk meningkatkan perasaan bahagia, Hormon Serotonin, yakni untuk meninmbulkan benih-benih perasaan bahagia. Dari keduanya bisa menimbulkan semangat serta tenaga positif.

Tersenyum bahagia bisa meningkatkan daya fokus serta konsentrasi. Menurut  pandangan agama, senyum tulusmu di hadapan keluarga, saudara dan orang lain, adalah sedekah. Sebaliknya, jika Anda marah 5 menit, maka daya tahan Anda mengalami stres selama 6 jam. Kesedihan itu melemahkan hati. Marah menjadi penghalang hafalan al-Qur'an, maka hindari gejala marah-marah dalam diri Anda jika ingin menghafal al-Qur'an.

2. Banyak minum air putih
Allah berfirman, "Kami jadikan semua yang hidup itu dari air". Jika Anda mengalami dehidrasi, maka fungsi tubuh serta otak akan melemah, karena kandungan air dalam tubuh hanya berkisar 75% sehingga daya konsentrasi serta loading otak akan menurun.

3. Memilih tempat yang cocok
a. Rumah. Tentu saja tempat tenang bisa di rumah dengan suasana jauh dari keramaian kendaraan maupun keramaian manusia.
b. Masjid. Tempat tenang itu bisa di masjid saat jamaah  keluar dari masjid setelah shalat berjamaah.
c. Taman. Taman pribadi di perkampungan tidak padat penduduk jauh lebih baik, atau ikut ke teman dan saudara yang memiliki taman pribadi yang tenang.
d. Surau di pinggir hutan, bukit, dll yang tenang dan nyaman.
e. Bersama Para Penghafal. Justru ada orang yang menghafal al-Qur'an jika bersama-sama orang lain. Semakin ramai para penghafal yang muroja'ah, maka semakin mudah orang itu menghafal al-Qur'an.
f. Sesuai Selera. Jika mudah hafal saat di tempat sunyi, itu kebanyakan oranga. Tapi ada yang justru hafal di tempat ramai, itu juga oke. Termasuk ada yang cepat hafal sambil mendengar kaset (mp3), itu juga mantap.  

4. Memilih waktu yang tepat
a.Waktu 1 jam sebelum subuh dan 1 jam sesudah subuh, itu waktu paling baik untuk menghafal, karena kondisi mata, pikiran, suhu udara, oksigen di otak, hingga kondisi tubuh dan konsentrasi Anda masih cukup bagus.  
b. 30 Menit Menjelang Adzan Magrib. Kemudian Anda berdzikir dan berdoa selepas magrib agar diberi kemudahan menghafal alQuran.
c.  30 Menit setelah Sholat Isya, jika sholat Isya di awal waktu.

5. Memilih guru
Tentu saja sang guru yang juga sudah Hafiz Quran, sebab ia akan murottal (muroja'ah) setiap saat yang mampu mengajari Anda menghafal alQuran. Bisa saja guru yang tidak hafiz 30 Juz tetapi ia mampu membaca alQuran lengkap dengan tajwid dan fasih makhrujul hurufnya secara baik.    

6. Memilih Mushaf al-Qur'an
a. Cetakan harus tetap
b. Ukuran sedang
c. Gunakan mushaf berwarna

Pertanyaannya:

1. Apa tujuan Anda menghapal al-Qur'an?
2. Kapan Anda selesai menghapal al-Qur'an?

Solusi:
1. Target Jelas.
2. Ukuran Jelas.

LANGKAH-LANGKAHNYA:
1. Persiapan Psikologis atau Mental
- Hapus semua kata-kata negatif yang mengatakan sulit menghapal al-Qur'an itu tidak benar.
- Ganti semua dengan kata-kata positif.  Misal, al-Qur'an mudah dihapal karena itu jaminan Allah SWT.

"Sungguh Kami memudahkan menghapal al-Qur'an. Ya Allah Ya Robbi, Tolong Bantu saya untuk menjadi seorang hafiz al-Qur'an di Tahun ....  pada bulan .... Tanggal .... pada Jam ... Aamiin YRA."

2. Bayangkan Menjadi Hafiz 30Jjuz Al-Qur'an
Bayangkan keberhasilan secara ekternal dan internal Pikiran sadar memikirkan kesuksesan 12% Pikiran bawah sadar memikirkan kesuksesan 88% (ini nyata dan ini terjadi)

3. Pemanasan Otak
5-6 menit untuk pemanasan otak sebelum menghapal al-Qur'an. Caranya: Baca surat yang anda hapal selama 5-6 menit tanpa al-Qur'an Baru kemudian ambil al-Qur'an untuk menghapalkannya.

4. Fokus
a. Cara memegang serta melihat al-Qur'an (sejajar dengan wajah)
b. Letakan di bagian kanan tetapi lebih atas, atau kiri tetapi lebih atas. Tujuannya agar efektif meningkatkan fokus.
- Ada hubungannya dengan mengingat-ingat sesuatu
- Ada hubungannya ketika tangan terangkat saat mencapai sesuatu atau kemenangan dimana tubuh akan mengeluarkan homon Endorphin dan Serotonin
- Untuk memperlancar peredaran darah tubuh kita
c. Menghadirkan pikiran, perasaan, hati serta khusuk. Wudhu itu sebagai relaksasi. Pakaian yang sopan. Pakai wangi-wangi an

PRAKTEK
1. Baca ayat tersebut hingga terbayang hapalannya, kemudian turunkan serta tutup mushaf tersebut, kemudian tutup mata anda. Baca ayat tersebut lebih banyak dari yang tadi dengan membayangkan serta mengimajinasikan ayatnya.
2. Setelah hapal, lanjutkan ayat selanjutnya hingga selesai target.
3. Selanjutnya, gunakan teknik menggabung ayat.
4.Mata, lihat sebuah gambar saat menghafal maka akan tersimpan dalam memori selama hidup.

Oleh karena itu dalam Islam untuk menundukkan pandangan terhadap hal-hal yang belum baik, mata harus fokus untuk mempotret mushaf lokasi ayat tsb atau scanner. Yang hapal adalah otak atau pikiran.

5. Pernafasan
Semua butuh oksigen 20% ke otak.
Teknik: Tarik napas yang panjang kemudian tahan 8 detik lalu keluarkan lewat mulut bersamaan baca ayat tsb. Apabila ada ayat yang panjang bisa berhenti di waqaf yang ada. Hapalkan ayat per ayat sampai target selesai baru kemudian uraikan dan gabung menjadi satu. Suara tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Makkiyah gabung 5 ayat 5 ayat sampai akhir halaman. Madaniyyah gabung 3 ayat 3 ayat sampai akhir halaman.

SELAMAT MENCOBA

Foto: Percikan Iman

No comments