REKTOR UIN BANDUNG HARUS VISIONER | CETAK PENELITI HANDAL

Share:


BANDUNG - Dari kalangan legislatif, anggota DPRD Jawa Barat, Dr. H. Didin Supriadin, MSi meyakini semua calon rektor UIN Bandung yang mendaftar dan sudah tercatat di Tim Seleksi Kemenag RI, memiliki kecakapan, kapasitas, serta kapabilitas untuk memimpin civitas akademika UIN Bandung.

"Yang terpenting siapa pun yang terpilih harapannya dapat membawa UIN Bandung lebih maju lagi," ungkap politisi Partai Demokrat ini, di Bandung, Rabu 29 Mei 2019.

Dari kacamata luar UIN Bandung, rektor itu harus visioner. Punya visi-misi yang jelas dan terukur, serta dapat menjadi pemersatu di internal kampus atau pun dapat membawa kemaslahatan dan manfaat untuk masyarakat, khususnya dibidang sosial keagamaan.

"Lebih dari itu, semoga rektor terpilih dapat membawa kampus UIN menjadi research univercity, sehingga dapat melahirkan para peneliti yang handal dan dapat dibanggakan," pungkas Didin.

Enam calon yang saat ini sedang digodok Tim Seleksi Kemenag RI itu antara lain:
1. Prof Dr Aan Hasanah (Guru Besar Ilmu Pendidikan Psikologi Fakultas Tarbiyah & Keguruan)
2. Prof Dr Agus Salim Mansyur (Guru Besar Ilmu Kurikulum Fakultas Adab dan Humaniora)
3. Prof Dr Mahmud (Guru Besar Ilmu Pendidikan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)
4. Prof Dr Moh. Najib (Guru Besar Ilmu Hadits Fakultas Syariah dan Hukum)
5. Prof Dr Muhtar Solihin (Guru Besar Ilmu Tasawuf Fakultas Ushuluddin)
6. Prof Dr Rosihon Anwar (Guru Besar Ilmu Tafsir Fakultas Ushuluddin)


Mereka menjadi urusan Tim Seleksi Kemenag RI setelah didaftarkan melalui hasil penjaringan Senat Universitas di kampus UIN Bandung. Mekanisme penyortiran calon hingga menjadi satu yang terpilih sebagai rektor hanya tim dan Menteri Agama yang mengetahui. Informasi yang didapat, keenam kandidat akan diuji Fit and Proper Test satu per satu.

Dalam pemilihan rektor UIN kali ini tidak ada yang bisa bermain-mata, karena seleksi ketat dan masing-masing kandidat dan timnya tidak mengetahui siapa saja penguji dan anggota Tim Seleksi Kemenag RI.[IS]

No comments