RUAS JALAN TOL CISUMDAWU BISA DILALUI PARA PEMUDIK 2019 | SEBAGAI JALUR ALTERNATIF

Share:


ARUS pemudik menuju ke Cirebon maupun Jawa Tengah dan Jawa Timur besar kemungkinan melewati jalur tengah, melintasi Sumedang dan sekitarnya. Prediksi kemacetan akan terjadi di Cadas Pangeran dan jalur menuju Sumedang Kota. Untuk mengantisipasinya, sebagian ruas jalur Tol Cisumdawu bisa difungsikan.

Beberapa pejabat provinsi menyebutkan, untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan di jalur tengah menuju timur ini, sejumlah ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) memungkinkan bisa digunakan untuk arus mudik 2019.

Sekitar lima kilometer lebih Jalan Tol Cisumdawu digunakan untuk pemudik dimulai dari Rancakalong masuk ke Terowongan Kembar meski baru bisa satu jalur.  Pemantauan di lapangan, akses masuk ruas jalan tol Cisumdawu dijadikan jalan alternatif pemudik.

Terowongan Kembar Jalan Tol Cisumdawu di kawasan Rancakalong hanya akan digunakan satu sisi dari arah Bandung ke Cirebon. Satu terowongan belum difungsikan meski sudah tuntas karena memerlukan persiapan utilitas seperti rambu.

Namun demikian arus mudik ke arah Cirebon bisa memiliki dua alternatif utamanya menuju ke Sumedang. Pertama ruas Cisumdawu dan satu lagi jalan nasional via Cadas Pangeran. Detil pengaturannya dilakukan dishub

Hanya Sementara
Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Ir. H. Gatot Tjahyono, MM saat dimintai komentar mengenai soal ini, Minggu (26 Mei 2019), mengatakan pengoperasian Tol Cisumdawu hanyalah sementara. 

"Sifatnya sementara. Kalau pihak kepolisian dan dishub memandang urgent digunakan, ya bisa aja. Hanya dari BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) masih melihat belum sampai kesiapannya," ungkap Gatot.

Gatot Tjahyono menilai seluruh infastruktur di Jawa Barat menghadapi situasi arus mudik dinyatakan sudah sangat siap. Ini akan memudahkan para pemudik menuju arah Timur atau sebaliknya yang melalui jalur pantura, jalur tengah, maupun jalur selatan. "Semuanya sudah siap," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jabar ini sambil menambahkan, yang belum itu membenahi jalur alternatif untuk para pemudik.


Untuk diketahui para pemudik dari hasil Rapat di Korlantas antara lain:
1. Untuk pelaksanaan One Way di Tol Cipali pada saat arus mudik akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Mei 2019 kemudian 1-2 Juni 2019 Pukul 08.00 wib s/d 21.00 wib setiap harinya.

One Way dimulai dari KM 25 Cikarang Utama s/d KM 263 Brebes Timur. Untuk arus lalin dari arah Semarang menuju Jakarta akan dialihkan melalui Jalur Pantura dan Jalur tengah Sumedang.

2. Pada saat arus balik akan dilaksanakan pada tanggal 7, 8, 9 Juni 2019 Pukul 12.00 wib s/d 24.00 wib.

One Way dimulai dari Brebes KM 263 s/d Cikampek KM 70. Arus lalin dari arah Cikampek menuju Cirebon akan dialihkan melalui Jalur Pantura

3. Pada saat pelaksanaan One Way agar disiapkan dgn matang sarana dan prasarananya dan antisipasi jalur arteri Pantura karena arus akan dialihkan melalui jalur arteri Pantura.

Dari berbagai sumber

No comments