SELURUH WARGA BANGSA INI JANGAN MELUPAKAN PANCASILA | HIMBAUAN TB HASANUDDIN



BANDUNG - 1 Juni 2019 hari libur nasional, karena bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Tahun 2019 menjadi tahun ke tiga sejak dimulai tahun 2016 lalu. Pertanyaan mendasar para pendidik, apakah hingga saat ini generasi milenial sudah melupakan Pancasila?

Inilah yang dikhawatirkan banyak pihak, generasi milenial rata-rata tidak hafal Pancasila. Para remaja dan sebagian orang dewasa saat ini banyak yang lupa redaksi Pancasila. Jika ini dibiarkan maka Pancasila akan hilang dari jiwa bangsa ini.

Saat dites hafal Pancasila menandakan orang tersebut faham, mampu menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupannya. Menurut anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mayjen purn Dr H TB Hasanuddin SE MM, Dalam keadaan seperti apa pun kita tak boleh melupakan Pancasila.

"Pancasila itu sakral, merupakan dasar dan ideologi negara. Mari kita pelajari, pahami, hayati dan aplikasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkap pria yang akrab disapa Kang Hasan yang dihubungi melalui android, Jumat (31 Mei 2019).   

Mengenai upaya agar Pancasila menjadi darah dan nyawa generasi milenial, kata Kang Hasan, tidak selamanya harus melalui penataran P4 seperti zaman orde baru dulu. Namun kita mesti menggunakan metode yang lebih halus dan mengayomi. Metodenya menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Harus ada pencerahan dan pemahaman pancasila untuk semua tingkatan pendidikan. Modelnya harus disesuaikan dengan kemampuan daya serap anak didik, tapi tidak bersifat doktriner," papar Hasanudin yang kini menjabat Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat itu.
 
Ideologi Pancasila dinilai bisa mengayomi semua lapisan masyarakat. Pancasila dicetuskan pertama kalinya pada 1 Juni 1945, sehingga 1 Juni selalu diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan pemerintah menetapkannya sebagai hari libur nasional.

Penetapan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung, pada 1 Juni 2016.

Hari Sabtu 1 Juni 2019 seluruh instansi mewajibkan pegawai, aparat, ASN, dan sivitas akademikanya untuk melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila. Pemerintah mewajibkan upacara agar nilai-nilai Pancasila tidak dilupakan oleh bangsa ini. "Itu sebabnya, jangan pernah melupakan Pancasila," pungkas TB Hasanuddin yang asli kelahiran Majalengka 8 September 1952ini.(IS)

No comments

Powered by Blogger.