UU RUZHANUL ULUM, WAKIL GUBERNUR JABAR YANG TAK PERNAH PAKAI KAOS KAKI

Share:



Nama aslinya Ruzhanul Ulum, namun lidah orang sunda lebih gampang menyebutnya Uu. Di tatar Sunda ia seringkali dipanggil Kang Uu. Inilah Wakil Gubernur Jawa Barat kita Uu Ruzhanul Ulum.

Sebelum lebih jauh melihat dirinya, kita mesti mengenal Uu yang pernah bergabung di Partai Persatuan Pembangunan dan membangun karier politiknya dari angggota dewan hingga bupati. Sekarang Uu jadi wakil gubernur Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil. Ini posisi yang tentu saja satu level di bawah posisi wakil presiden.

Sejak jadi anggota DPRD Kab Tasikmalaya dari PPP, Uu masih tetap paling sederhana, kebiasaannya berbeda dengan anggota dewan lainnya. Maklum anak pesantren. Di lain sisi hobinya mengoleksi otomotif tua, seperti motor dan mobil tua. Bahkan seringkali ia cuci sendiri mobil tua itu meski dirinya sudah menjabat bupati bahkan wakil gubernur sekalipun. Katanya, tidak ada yang gengsi, hidup ini apa adanya.

Lain dari itu mungkin kita agak heran kebiasaan unik lainnya, sepanjang hidupnya sebagai pejabat Uu tidak pernah mengenakan kaos kaki. Sekalipun acara kenegaraan, Uu meski mengenakan sepatu pantopel gaya borjuis sekalipun, tetap saja ia gak pakai kaos kaki.Tapi itulah sosok unik Uu.

Pria kelahiran Tasikmalaya 10 Mei 1969 ini saat ditanya wartawan selalu menjawab, "Supaya gampang kalau mau wudlu dan solat". Didesak apakah pernah sekali saja pakai kaos kaki? Kata Uu, tidak pernah sejak dirinya masih bujangan. Lagi pula memang tidak ada kewajiban orang pakai sepatu harus dengan kaos kaki.

Selain karena gampang berwudlu, suami Lina Marlina yang menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya Tasikmalaya ini, tidak mengenakan kaos kaki sangat nyaman, tidak gerah dan tidak bau. Selepas wudlu dan solat, kakinya selalu dibersihkan entah dengan tisu ataupun kain pembersih lainnya.

Tentu saja kebiasaan unik pejabat negara ini pun bukan berarti tren yang harus selalu ditiru pejabat lainnya. Ini khusus kebiasaan Uu yang hanya dialami oleh dirinya. "Entah kalau orang lain. Saya sudah biasa sejak lama," kata pria lulusan Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Siliwangi ini.


Manusia Hoki
Uu Ruzhanul Ulum, cucu KH Khoer Apandi pendiri Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, dikaruniai kehidupan yang serba mudah [beruntung] alias HOKI. Lihat saja sejak kariernya menjadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 1999 usianya baru 30 tahun. Uu menjadi Ketua DPRD Tasikmalaya periode 2004-2009. Tahun 2009, ia kembali menjadi anggota DPRD periode 2009-2011.

Pada 2011, saat usia 42 tahun, penggemar peci putih yang punya hobi bersepeda ini mencoba peruntungannya dengan mengikuti pemilihan bupati Tasikmalaya berpasangan dengan Ade Sugianto. Hebatnya, Uu berhasil keluar sebagai pemenang Pilkada Tasikmalaya 2011.

Uu kembali terpilih menjadi Bupati Tasikmalaya untuk periode kedua 2016-2021. Uu dan Ade terpilih setelah menjadi calon tunggal dengan meraih 62 persen suara. Mulai dari sinilah Uu dikenal ke seantero Jawa Barat, terutama saat dirinya deklarasi calon gubernur Jabar tahun 2018.

Hokinya lagi, Uu bersanding dengan tokoh populer di zamannya, yakni Ridwan Kamil, walikota Bandung yang popularitasnya diatas rata-rata saat itu. Meski hanya maju menjadi wakil gubernur mendampingi Ridwan Kamil, namun lagi-lagi Uu beruntung memenangkan pertandingan seru Pilgub Jabar 2018 lalu. Kini bersama Gubernur Ridwan Kamil, maka Uu Ruzhanul Ulum pun otomatis menjadi wakil gubernur Jawa Barat.

Kita ikuti kisah Uu Ruzhanul Ulum berikutnya sampai kita menemui HOKI Uu lebih seru di masa mendatang.[Isur]

KELUARGA
Istri      : Lina Marlina, SE
Anak    : Azizah Ruzhan,  Kholilah Ruzhan

PENDIDIKAN
MI Al- KHORIYAH
SMP Negeri Manonjaya
SMA Pasundan Tasikmalaya
S1, Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Siliwangi

KARIER
Pengurus Ranting PAC PPP Desa Kalimanggis Th.1987-1993
Pengurus Harian DPC PPP Kab. Tasikmalaya Th. 1997-2010
Pelindung KONI Kab. Tasikmalaya Th. 2010-2016
Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya Th. 1999-2014
Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya Th. 2004-2009
Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya Th. 2009-2011
Pengurus Harian DPW PPP Prov. Jabar Th. 2011-Sekarang
Pembinan Pengcab PSSI Kab. Tasikmalaya Th. 2011-2015
Bupati Tasikmalaya Th. 2011-2016
Bupati Tasikmalaya Th. 2016-2021
Wakil Gubernur Jabar 2018-2023

No comments