VIRAL DI MEDSOS DAFTAR CALEG JABAR LOLOS KE PARLEMEN PUSAT | HERMAN KHAERON TEMBUS PERIODE KETIGA

Share:


BANDUNG - KPU Jabar masih menunggu hasil rekapitulasi nasional hingga diumumkan secara resmi tanggal 22 Mei 2019. Namun, sejak berakhirnya rekapitulasi suara tingkat Propinsi Jawa Barat 13 Mei 2019 lalu, di medsos beredar daftar caleg lolos untuk DPR RI dan DPRD Jawa Barat.  

Meski belum resmi pengumuman dari KPU Pusat, namun nama-nama caleg asal Jawa Barat yang beredar sudah diketahui masyarakat. Masyarakat meyakini, caleg yang tercantum di papan pengumuman tidak resmi itu mencerminkan anggota-anggota DPR RI dan DPRD Jabar yang mendapat suara terbanyak.
  
Salah satu caleg yang kembali lolos ke parlemen, Dr. H. Herman Khaeron. Pria asal Cirebon yang akrab disapa Kang Hero itu, lolos ke parlemen pusat untuk ketiga kalinya. Nama Herman Khaeron terpampang di banner bersama caleg-caleg lainnya yang sebagian besar nama-nama baru.  

Betapa mudahnya informasi tiba di tangan masyarakat lantaran pesatnya perkembangan IT kususnya whatsapp termasuk grup (WAG) di gadget. Meski tidak menyebutkan jumlah suara yang didapat para caleg, namun pengumuman tidak resmi itu sangat memengaruhi masyarakat secara umum. Seolah-olah itu pengumuman resmi. 
 
Dari sekian nama-nama caleg itu, ada yang tidak tercantum dan berusaha adu gugatan ke Bawaslu Jawa Barat. Sayangnya, gugatan tersebut tidak kuat meski ditemukan ada penggelembungan suara yang menyedot jumlah suaranya ke caleg lain. Kadung sudah diumumkan di Medsos, caleg dari partai Golkar dapil Cirebon-Indramayu ini menerima kondisi yang ia alami.

"Mau apa lagi, saya tidak berdaya, tetapi memang suara kurang sedikit," kata Lily Eliyah, caleg DPRD Jawa Barat. Tidak hanya dirinya, banyak caleg lain yang bernasib sama dengan dirinya suara berkurang akibat ada penggelembungan pada caleg lainnya tanpa alasan.

Nama-nama yang tercantum dalam pengumuman tidak resmi itu umumnya sudah yakin masuk ke parlemen. Itu diakui oleh Herman Khaeron, caleg Demokrat untuk DPR RI asal dapil Cirebon-Indramayu. "Bukan saja beruntung tapi dengan daya upaya," kata Herman Khaeron yang kini masih duduk di komisi II DPR RI itu.
 
Pria kelahiran Kuningan 4 Mei 1969 yang beristrikan Dr Ratnawati, M.KKK ini memiliki predikat Dewan Terbaik karena palingfokus dan konsern terhadap pekerjaannya sebagai wakil rakyat. Jika banyak orang memandang dewan itu harus dekat dengan rakyat, Herman Khaeronlah orangnya. 

Itu terbukti, Herman Khaeron Wakil Komandan Kogasma ini terkenal dekat dengan masyarakat nelayan, petani, buruh, dan dihormati kalangan partai lainnya. "Rakyat itu modal utama demokrasi, aset nasional yang hak-haknya harus dihargai. Kata pepatah suara rakyat adalah suara Tuhan," kata Herman.

Ditentukan KPU Pusat
Sementara itu selepas melakukan pleno dan rekapitulasi seluruh dapil di Jawa Barat termasuk untuk Pilpres, DPD RI, DPRD Kota/Kabupaten dan DPRD Provinsi, Ketua KPU Jawa Barat Rizqi Ali Mubarok menyebutkan, hasil rekapitulasi pemilu 2019 sudah selesai dan diserahkan ke KPU Pusat. Dri sinilah dapat ditentukan kursi dewan yang akan diisi para caleg lolos.[IS]

No comments