Hari Pertama Pendaftaran Ujian Masuk UIN SGD Bandung Jalur Mandiri Mencapai 1603 Orang

Share:


BANDUNG - Hari pertama dibuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) UIN SGD Bandung melalui jalur Ujian Mandiri (UM) mencapai 1603 orang. PMB Ujian Mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri melalui CBT, Tahfiz dan Prestasi.

CBT ujian masuk menggunakan media komputer; Tahfidz jalur penerimaan bagi yang mempunyai hapalan Al-Quran minimal 5 juz; dan Prestasi jalur penerimaan di bidang Seni, Olahraga atau yang lainnya (sesuai yang ditawarkan) dan mempunyai prestasi minimal tingkat regional (Kota/kabupaten) serta jalur khusus luar negeri (LN).

"Sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 11 Juni 2019 dari pukul 15.00 sampai dengan pukul 23.59, alhamdulillah jumlah yang berhasil mendapatkan berjumlah 1603 orang," ungkap Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag didampingi Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Undang Syarifuddin, M.Kom, Kampus I, Jl. A.H. Nasution No 105 Cipadung Cibiru Kota Bandung, Rabu (12/6/2019).

Untuk pendaftaran PMB UIN SGD Bandung melalui jalur Mandiri (UM) dilakukan secara online pada laman pmb.uinsgd.ac.id dari tanggal 11 Juni hingga 10 Juli 2019. "Pendaftar ke-1603 atas nama Melinia Nurafifah dengan tipe ujian tahfidz," jelasnya.

Persyaratan pendaftaran: Pertama, Berijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah/Paket C. Kedua, Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan fotocopy Raport tiga tahun terakhir (disertakan saat akan ujian PMB ke panitia). Ketiga, Lulusan 2019, sekurang-kurangnya telah memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas photo dan di cap sekolah.

Mengenai cara daftar PMB Mandiri (UM), Wakil Rektor I ini menuturkan alurnya;
o   pertama, calon mahasiswa melakukan pra-daftar online di laman pmb-pradaftar.uinsgd.ac.id untuk memilih jalur test (CBT, Tahfidz, Prestasi) serta mendapatkan kode pembayaran. "Kode pembayaran dikirim ke email calon  mahasiswa. Jadi pada saat daftar emailnya harus aktif," paparnya.

o   Kedua, calon mahasiswa melakukan pembayara di bank yang ditunjuk oleh UIN SGD Bandung dengan menyebutkan kode pembayaran. "Membayar uang pendaftaran Rp250.000 (dua ratus lima puluh rupiah) pada BRI Syariah. Seluruh biaya pendaftaran tidak bisa ditarik kembali," jelasnya.

o   Ketiga, calon mahasiswa melakukan pendaftaran online di laman pmb-daftar.uinsgd.ac.id dengan password dan user yang telah didaftarkan sebelumnya saat pra-daftar.
o   Keempat, calon mahasiswa melengkapi data dan memilih program studi serta mencetak Kartu Ujian
o   Kelima, peserta melaksanakan ujian sesuai dengan jadwal dan jakur test yang tertera di kartu ujian.
o   Keenam, pengumuman kelulusan dapat dilihat pada laman pmb.uinsgd.ac.id dan media cetak
o   Ketujuh, pengumuman penetapat Uang Kuliah Tunggal (UKT)
o   Kedelapan, Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Inilah jadwal PMB Ujian Mandiri:
o  Pelaksanaan Ujian akan dilakukan pada tanggal 17 Juli – 23 Juli 2019 di gedung Lecture Hall
o  Pengumuman Kelulusan akan dilakukan pada tanggal 29 Juli 2019
o  Upload/isi biodata akan dilakukan pada tanggal 30 Juli – 03 Agustus 2019
o  Penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan dilakukan pada tanggal 05 Agustus 2019
o  Pengumuman Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan dilakukan pada tanggal 06 Agustus 2019
o  Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan dilakukan pada tanggal 07-13 Agustus 2019
o  Pemberkasan biodata seluruh jalur test akan dilakukan pada tanggal 14-22 Agustus 2019

Sumber dan Foto: Humas UIN SGD Bandung

No comments