[VIDEO] GERAKAN HEJO TEMUKAN KUKANG JAWA DI HUTAN CIMENYAN KAB. BANDUNG




Gerakan Hejo pimpinan Eka Santosa selamatkan hewan langka bernama Kukang Jawa dari kepunahan. Kukang ditemukan di kawasan Ekowisata Alam Santosa Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan Kab. Bandung, berupa hutan buatan seluas tiga hektar lebih.

Setelah ditangkap dan diketahui jenis Kukang Jawa bernama latin (Nycticebus Javanicus) yang langka dan sangat dilindungi, Eka Santosa pada Sabtu 22 Juni 2019 menyerahkan hewan tersebut ke petugas BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Barat.

Hewan ini diduga ‘nyasar’ empat hari sebelum ditangkap. Hewan liar itu diduga berasal dari habitatnya di kawasan Bandung Utara. Kukang Jawa ini masih berusia remaja dan tampak kuat. Kukang senang tinggal di hutan Alam Santosa yang rimbun ini. Sementara Eka Santosa menyatakan bersedia tempatnya dijadikan lahan konservasi hewan liar jika diperlukan pihak BKSDA.

SB: Eka Santosa | Ketua Umum Gerakan Hejo Pemilik Hutan Alam Santosa

Toni Setiana, Petugas Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Jawa Barat menerima penyerahan Kukang dari pihak Gerakan Hejo. Menurutnya,  Kukang  Jawa ini berbahaya jika dilepasliarkan di area hutan Alam Santosa, sebab rawan gangguan tangan-tangan jahil yang datang dari kawasan luar Pasir Impun.

SB: Toni Setiana | Petugas Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Jabar

Para tokoh masyarakat setempat juga belum bersedia menghadapi tantangan untuk bersama-sama menjaga Kukang di hutan Alam Santosa. Semuanya malah setuju Kukang diserahkan ke BKSDA. Bahkan Eka Santosa menyatakan bersedia lahan hutan Alam Santosa dipakai BKSDA Jabar untuk kepentingan study penyesuaian beberapa hewan langka atau yang dilindungi sebelum dilepasliarkan.

Isur Suryana dan Tim Liputan melaporkan

No comments

Powered by Blogger.