DA LADA, MERICA PUTIH YANG MEMILIKI 17 MANFAAT BAGI TUBUH MANUSIA | PRODUKSINYA ADA DI BANDUNG

Share:



HAMPIR di setiap rumah ada merica. Orang akademisi menyebutnya Lada. Butiran Lada maupun yang sudah berupa serbuk, juga dapat kita temukan di pasar-pasar tradisional dan pasar modern. Pada sejarahnya, Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun salah satunya karena mengejar komoditas Lada. Begitu pun sebelum Belanda, ada juga Bangsa Portugis yang sengaja melancong ke kepulauan Nusantara lantaran mengejar rempah-rempah bermutu tinggi termasuk Lada.
_______________________
Ilustrasi foto di atas adalah produksi DA LADA, Lada atau Merica asli Bangka yang diproduksi pabrikan di Bandung. Kemasannya dibuat sedemikian menarik dan kepala botol dapat diputar untuk menggerus Lada biji menjadi serbuk kecil dan halus.  DA LADA sebenarnya produksi untuk ekspor ke Belanda. Namun demikian produksi ekspor itu juga dapat dinikmati oleh warga Indonesia dengan harga terjangkau. DA LADA juga seperti halnya merica untuk keperluan masakan, kecantikan dan pengobatan alami.
----------------------------------


Banyak masyarakat dan para ahli bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat Lada atau Merica ini hingga bangsa asing mengejar barang kecil itu sampai ke negeri kita?

Dikutip dari tulisan Yuli Yana pada laman manfaat.co.id edisi 2015, rupanya lada atau merica, kata orang sunda pedes bodas, memiliki manfaat yang teramat besar meski barangnya hanyalah butiran kecil yang bisa dipandang sebelah mata.  

Manfaat lada putih bagi kesehatan telah terkenal semenjak dahulu kala dan hingga saat ini telah menjadi perhatian dunia medis internasional. Lada putih banyak diproduksi di daerah bangka belitung sebuah pulau indah di Indonesia yang merupakan penghasil lada terbesar saat ini.

Lada putih merupakan rempah rempah yang penuh khasiat hingga dapat digunakan untuk obat luar maupun obat dalam. Berikut beberapa manfaat lada putih yang dapat dirasakan untuk kesehatan.

1. Lada putih membantu mengurangi arthritis
Lada putih mengandung capsaicin yang juga dimiliki cabai, memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, lada putih sangat bermanfaat bagi semua orang yang memiliki arthritis dan menderita pembengkakan otot dan nyeri.

2. Lada putih membantu menurunkan berat badan
Lada putih memiliki khasiat seperti lada hitam, yaitu membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga mampu menurunkan berat badan. Lada putih menjadi solusi penurunan berat badan alami karena berisi capsaicin.

3. Lada putih dapat mengobati kanker
Dalam penelitian di University of Nottingham Amerika pada Association of Cancer Research, Capsaicin, lada putih dapat membunuh beberapa sel kanker. Temuan ini menjadi sangat bermanfaat menyembuhkan kanker prostat.
 
4. Lada putih dapat menyembuhkan sakit kepala
Lada putih dapat membantu mengobati sakit kepala. Rasa sakit di kepala terjadi ketika neuropeptida yang merupakan zat pengirim rasa sakit ke otak. Namun, capsaicin dapat menghalangi transmisi ini dan dengan demikian mengurangi gejala sakit kepala.

5. Lada putih dapat mengobati batuk
Dengan mengkonsumsi bubuk lada putih ditambah sedikit madu akan mengobati batuk secara alami. Madu dan lada putih jika digabungkan akan memiliki sifat antibiotik dan menghasilkan panas. Sehingga dua bahan ini dapat menghilangkan batuk.

6. Lada putih dapat mengurangi hidung tersumbat
Seperti lada hitam, panas yang dihasilkan lada putih dapat membantu penyumbatan saluran hidung. Karena sifat anti-inflamasi dapat melawan infeksi saluran hidung dengan membersihkan saluran udara, sehingga membantu pernafasan dengan benar.

7. Lada putih dapat mencegah luka lambung
Konsumsi lada putih dapat membunuh bakteri sebagai penyebab tukak di lambung dan usus. Selain itu membantu mencegah penyakit perut seperti sakit perut.

8. Lada putih dapat mengontrol tekanan darah
Lada putih kaya akan flavonoid, vitamin C dan vitamin A, sangat membantu menjaga tekanan darah. Individu yang memiliki tekanan darah tinggi dapat mempertimbangkan lada putih dalam diet harian.

9. Lada putih dan kesehatan jantung
Lada putih dapat menyebabkan seseorang berkeringat banyak, sehingga mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh. Fakta terlalu banyak cairan di dalam tubuh terutama di sekitar jantung, dapat membuat beban pada jantung dan membuat fungsi jantung bertambah buruk. Selain itu bisa menyebabkan retensi air dalam tubuh, biasanya dapat disertai kesulitan bernafas karena tekanan berlebihan pada paru-paru. Oleh karena itu, untuk kelebihan cairan dari tubuh dapat dikurangi dengan mengkonsumsi lada putih.

10. Lada putih dan kandungan antioksidan
Flavonoid dan vitamin dalam lada putih memiliki sifat antioksidan. Lada putih melawan organisme yang masuk ke dalam tubuh dan merusak sel-sel di dalamnya. Selain itu tingginya kandungan antioksidan pada lada putih dapat mengurangi garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik gelap tanda-tanda penuaan. Menggunakan lada putih dalam diet sehari-hari dapat membantu terlihat cantik dan lebih muda.

11. Lada putih dapat meningkatkan pencernaan
Yang unik dari lada putih adalah dapat merangsang selera makan seperti halnya lada hitam dan mengirim sinyal ke lambung untuk mensekresi asam klorida, asam yang penting untuk pencernaan makanan.

12. Lada putih dapat mengobati sakit gigi
Lada putih dikenal dapat memberikan bantuan sakit gigi bila digunakan dengan minyak cengkeh atau garam meja.

13. Lada putih dapat mencegah perut kembung
Lada putih memiliki sifat karminatif, mencegah pembentukan gas dalam usus. Hal ini terjadi karena lada meningkatkan sekresi asam klorida dan membantu pencernaan lebih efektif.

14. Lada putih dan manfaatnya untuk kulit
Tidak dianjurkan untuk diterapkan pada kulit secara langsung, karena sifat panasnya. Tapi ketika dikonsumsi secara teratur, dapat membantu beberapa masalah kulit dan membuat kulit lebih terawat. Penggunaan lada putih atau bubuk lada hitam pada kulit dapat mencegah dari sinar UV yang berbahaya dari matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penyakit kulit lainnya. Dianjurkan mencari pendapat ahli kulit untuk keterangan lebih lanjut.

15. Lada putih dapat digunakan sebagai scrub
Sama dengan lada hitam, Lada putih dapat digunakan untuk membuat scrub, untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Gunakan lada putih segar yang telah dilumatkan. Penggunaan scrub ini merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari kulit agar kulit lembut dan bercahaya. Pada saat yang sama, karena sifat antioksidan pada lada juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen pada kulit sehingga tampak segar.

 
16. Lada putih untuk mengobati ketombe
Lada putih dan hitam dianggap bahan untuk menghilangkan ketombe. Kombinasikan lada putih dengan yogurt plain dan menerapkan campuran ini pada kulit kepala. Cuci campuran dengan air setelah setengah jam dari pengolesan tersebut. Campuran ini dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Jangan biarkan campuran ini dalam waktu lama karena bisa membakar kulit kepala. Selain lada putih memiliki sifat panas sehingga efektif menghilangkan ketombe. Pada saat yang sama juga menjadi obat untuk revitalisasi rambut.

17. Lada putih dapat merevitalisasi rambut
Manfaat lada putih juga bekerja sebagai revitalizer untuk rambut, bila dikombinasi dengan lemon. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan biarkan selama 10-15 menit. Kemudian mencuci rambut, maka hal ini dapat membuat rambut lebih berkilau.

Demikianlah kita telah membahas manfaat lada putih. Semoga artikel ini membantu wawasan anda untuk lebih mengenal bahan-bahan yang ada disekitar kita dan dapat menggunakannya dengan lebih maksimal. Selamat mencoba.[rls/IS]

Sumber: manfaat.co.id
Foto: Suryana
_________________________
UNTUK PEMESANAN PRODUK DA LADA, BISA MENGHUBUNGI IBU CUCU ROHAYATI DI NOMOR WA 08122-4068-994 (BANDUNG)

No comments