SERIBU ORANG SIAP RAMAIKAN GURAAK DENGAN LINE DANCE BERSAMA | GRATIS TAPI BANYAK HADIAHNYA

Share:


INI merupakan kegiatan kelanjutan dimana Guraak (Minggu Geraak) yang pertama kali diadakan pada Oktober 2018, kali ini digelar kembali untuk kedua kalinya. Pelaksanaan Guraak kali ini digelar pada hari Minggu 18 Agustus 2019, sebuah kegiatan yang gebyar dan luaar biasa. Berupa Olahraga Line Dance Bersama yang akan diikuti sekitar seribu peserta, lebih banyak daripada tahun kemarin yang hanya mencapai 400-an orang.

Acara ini diselenggarakan dalam Rangka Memperingati Hari Bersejarah, yaitu HUT ke-13 Ormas BBC (Buah Batu Corps) DPD Jawa Barat sekaligus Memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Hj. Gina Sadeli yang juga ketua The Universal Line Dance (d'ULD) Cabang Kota Bandung, Selasa 13 Agustus 2019.

Maksud dan tujuan Olahraga Line Dance Bersama ini untuk meningkatkan animo masyarakat berolahraga dan menyukai Line Dance. "Harapan kami untuk meningkatkan APMO (Angka Partisipasi Masyarakat Berolahraga) sesuai tujuan Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Karena Organisasi kami The Universal Line Dance Cabang Kota Bandung sebagai Induk Organisasi FORMI Kota Bandung di bawah naungan Pemerintah Kota Bandung, yaitu DISPORA Kota Bandung," kata Gina Sadeli.

Pengurus d'ULD Kota Bandung terus berupaya memotivasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk gemar berolahraga Line Dance, yang tidak akan lelah dan berhenti. "Karena kami selalu hadir setiap Minggu di Acara Car Free Day Buahbatu Bandung, letaknya di depan Jln. Mutiara mulai dari tahun 2012 sampai sekarang, dan di Taman Regol Buah Batu Setiap Hari Sabtu pagi," papar Gina Sadeli.

Ini merupakan wujud nyata segala daya dan upaya d'ULD Kota Bandung yang merupakan kewajiban bersama untuk mengolahragakan masyarakat melalui Line Dance. Olahraga Line Dance saat ini sudah berkembang pesat di Indonesia dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai seni dan budaya.

Sementara itu Ketua Umum Ormas BBC Mugi Sudjana yang juga penyelenggara Buah Batu Car Free Day mengatakan, kegiatan Guraak (Minggu Gerak) Line Dance Bersama 2019 yang dilaksanakan d'ULD Kota Bandung ini sangat menarik dengan bertabur kegembiraan.

Bagi Peserta yang akan mengikuti Line Dance Bersama tidak dipungut biaya alias GRATIISS. Mereka juga akan mendapatkan Voucher Snack dan banyak Door Prize dan BIG Door Prize seperti sepeda dan hadiah menarik lainnya.

Selain itu ada juga hiburan dengan Atraksi BMX dan Barongsai dibawah FORMI Kota Bandung dan Hiburan BAND NICO & FRIENDS, sehingga target peserta dapat memenuhi kuota yang diikuti sekitar 750 hingga 1.000 orang akan tercapai. "In Sya Allah Kegiatan ini mudah-mudahan akan dilanjutkan setiap tahun," ungkap Mugi Sudjana.

Kegiatan ini tentunya bagi warga kota Bandung maupun di luar kota Bandung sekaligus dapat menikmati Bandung Fashion, kuliner, dan atraksi-atraksi kegiatan lainnya bersamaan kegiatan Rutin Car Free Day Buahbatu.

Detail acara yang disusun panitia antara lain akan dilaksanakan pada
Hari         : Minggu
Tanggal   : 18 Agustus 2019
Waktu      : 06.00 s.d 10.00
Tempat    : BUAH BATU Car Free Day
  
Jl. Buah Batu Raya Bandung
(antara simpang Jl. Gajah s/d persimpangan Jl. BKR ).

Mencakup susunan acara :
- Pembukaan Acara
- Olahraga Line Dance Bersama 2 Sessi.
- Penarikan Door Prize dan BIG Door Prize
- Atraksi BMX dan  Barongsai
- Hiburan Band Nico & Friends

Peserta akan diikuti lebih dari 750 s/d 1000 orang terdiri dari:
1. The Universal Line Dance Jabar dan cabang-cabangnya di kabupaten/kota beserta anggotanya.
2. Para Pecinta Olahraga dan Komunitas Line Dance
3. Para Ketua DPC Ormas BBC se Jawa Barat
4. Komunitas Olahraga Lainnya seperti: Senam Tera, Senam PORPI dan ASIAFI
5. Masyarakat Umum

Para Tamu Undangan :
1. Wali Kota dan Wakil Kota Bandung  
2. Kadispora Kota Bandung
3. Ketua FORMI Kota Bandung
4. Kapolrestabes Bandung
5. Jajaran Muspida
8. Ketua The Universal Line Dance Wilayah Jawa Barat
9. Para Ketua Induk Olahraga Lainnya yang dibawah naungan FORMI Kota Bandung

Mengenal Line Dance 
Sekilas Akan Kami Sampaikan ... APAKAH OLAHRAGA LINE DANCE ...?
LINE DANCE adalah "olahraga" dengan teknik dansa yang berupa rangkaian langkah menjadi suatu koreografi dan digerakkan pada sejumlah hitungan musik tertentu. Rangkaian gerakan itu bisa digerakan menghadap ke 1, 2, 3 atau 4 dinding (wall).

Mengapa disebut "olahraga dansa"? Karena pola langkah-langkahnya dan gayanya diambil dari langkah-langkah dasar berbagai jenis Tari seperti Rhumba, Salsa, Cha-cha, Merengue, Waltz, Jive, Hip Hop, Jazz dll.

Teknik dasar, seperti langkah, jatuhnya di berat badan, putaran, musikalitas, diajarkan sampai tarap tertentu agar benar, rapih, lancar dan aman dalam bergerak. Koreografi Line Dance diklasifikasi berdasarkan tingkat kesulitan: Beginner (Pemula), High Beginner (Menengah), Intermediate dan advance (Mahir).

Perbedaan olahraga Line Dance dengan olahraga lain: Berbeda dengan olahraga pada umumnya, Line Dance lebih dimensional. Manusia memiliki 4 level keberadaan, yang mencakup 4 (empat) Dimensi (Fisik, Emosi, Mental, Spiritual), yang secara rinci sebagai berikut:
1. Kita bergerak = fisik
2. Kita merasakan = emosi
3. Kita memikirkan = mental
4. Kita berjamaah = spiritual
Adapun Olahraga lain pada umumnya hanya memiliki 1, 2 level keberadaan yaitu Fisik atau/dan Mental.



Manfaat Olahraga Line Dance
Gejala penuaan adalah satu hal yg tdk bisa dihindari. Akan tetapi bukan berarti tdk bisa diperlambat. Semakin bertambahnya usia, kita semakin disadarkan akan kian renggangnya hubungan antara otak dan tubuh kita.

Melalui Line Dance, kita berupaya untuk memelihara hubungan antara otak dan tubuh.

Manfaat Cerebral Line Dance:
a). Line Dance melatih dan mempertajam Daya Ingat.
b). Line Dance melatih dan memperlancar Daya Motorik Otak Kita.
c). Line Dance melatih sebagai memperkuat Daya Orientasi
d). Line Dance melatih Daya Ingat dan Konsentrasi

Olahraga Line Dance Kategori Kesehatan
1. Mencegah Osteoporosis
2. Memperlambat Kepikunan
3. Memperkuat Percaya Diri
4. Menumbuhkan Semangat Kebersamaan

Kegiatan ini diharapkan menjadi barometer pendorong bagi masyarakat luas untuk berolahraga khususnya Line Dance. Diharapkan menjadi suatu keuntungan semua pihak yang telah berpartisipas di acara ini. Panitia sangat mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, baik bagi Pemerintah Daerah setempat, pihak sponsor maupun pihak lainnya.

Semoga Allah SWT meridhoi kegiatan ini, sehingga acara ini dapat terlasana dengan baik.
Motto Kami adalah :

# Semua Menjadi Satu
# Sehat, Bugar, Gembira, Luaaarr Biasa...


Terima kasih.


Hj. Gina Sadeli
Ketua Pelaksana 


No comments