[VIDEO] RIBUAN MAHASISWA BARU UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DEKLARASIKAN ISLAM MODERAT

Share:


Ada yang baru dari sistem pengenalan budaya akademik kemahasiswaan [PBAK] dari ribuan mahasiswa baru di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa 27 Agustus 2019, Ribuan mahasiswa baru bersujud syukur dan membacakan deklrasi Islam Moderat. Cegah radikalisme dan terorisme .... Simak cerita kami selengkapnya ...

---- bumper opening



Senat UIN Bandung dipimpin Ketua Senat Prof Dr Nanat Fatah Natsir bersama rektor UIN Bandung Prof Dr Mahmud MSi memasuki aula Anwar Musadad, sementara 6.637 mahasiswa baru dari sembilan fakultas sudah menunggu lebih awal. Sidang senat terbuka kali ini menoreh sejarah baru penyambutan calon cendekiawan-ulama dan ulama-cendekiawan zaman now.

PBAK dibuka ketua Senat UIN Bandung Prof Dr Nanat Fatah Natsir. Selepas itu bergantian sambutan ketua panitia Dr Ahmad Fathonih, disusul pidato rektor UIN SGD Bandung Prof Dr Mahmud. Saat rektor masih berpidato, ribuan mahasiswa serempak bersujud syukur karena telah diterima di kampus UIN SGD Bandung.

Setelah rektor turun dari mimbar, perwakilan sembilan fakultas berbaris di depan mengikrarkan Deklarasi Islam Moderat.


-- Deklarasi --

Selepas itu, perwakilan tiap fakultas menandatangani naskah deklarasi disaksikan rektor dan ketua panitia PBAK.

Tentu bukan sekedar aksi deklarasi, tetapi ini bermuatan energi yang sangat dahsyat, yakni meneguhkan keutuhan NKRI dan menyebarkan Islam moderat rahmatan lil alamin.  Isi deklarasi melingkupi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Menolak gerakan radikalisme maupun terorisme yang bertentangan dengan Pancasila.

SB: Prof. Dr. H. Mahmud, MSi | Rektor UIN SGD Bandung

Gerakan moderasi Islam merupakan bagian dari komitmen kampus UIN Bandung untuk menjadi agen penyebar gerakan Islam moderat, tak hanya di Jawa Barat, tetapi juga secara nasional. Berikut tanggapan Ketua Majelis Ulama [MUI] Jawa Barat KH. Rahmat Syafei.

 
SB: Prof. Dr. KH. Rahmat Syafei | Ketua MUI Jawa Barat

Kembali ke ruangan PBAK, empat wakil rektor, masing-masing Prof. Dr. H. Rosihon Anwar sebagai Wakil Rektor I bidang Akademik; Dr. H. Tedi Priatna, Wakil Rektor II bidang Administrasi Perencanaan dan Kepegawaian; Dr. H. Ahmad Fathonih, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni; Prof. Dr. Hj. Ulfiah Wakil Rektor bidang Kerjasama; memaparkan tugas dan kewenangan mereka di hadapan ribuan mahasiswa baru.

SB: Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag |  Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Bandung
SB: Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag | Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Bandung

 
Untuk mewujudkan kampus UIN SGD Bandung yang unggul bermartabat dan bisa kompetitif di kawasan Asia Tenggara, mahasiswa baru dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini, harus memiliki empat kompetensi; yakni kompetitif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Isur Suryana melaporkan ....

No comments