KEPALA MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS "IDAN NURDIANA" BANGGA SISWANYA JUARA 1 MYRES TINGKAT NASIONAL

Share:


CIAMIS - Muhammad Iqbal Zia Ulhaq, siswa kelas XI jurusan MAN PK, yang telah mampu mengharumkan civitas MAN 1 Darussalam Ciamis, berhasil mengalahkan 27 finalis MYRES lainnya dari seluruh tanah air. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Darussalam Ciamis, Drs. Idan Nurdiana, M.Pd.

Tentu saja raihan penghargaan ini didapat berkat dukungan penuh dari Kepala Madrasah, , pembimbing dan guru-guru lainnya. Sehingga, Muhammad Iqbal Zia Ulhaq berhasil meraih juara terbaik 1 Lomba MYRES. Dalam lomba itu Iqbal mengambil judul penelitian, “Islam Moderat; Konsep dan Implementasinya di Pondok Pesantren Darussalam”.

Penghargaan juara 1 lomba MYRES diserahkan langsung Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia, H A Umar, Rabu malam (18/9/2019) di hotel Aston Manado.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis, Drs. Idan Nurdiana, M.Pd, mengaku bangga kepada siswanya, yang telah meraih prestasi tingkat nasional. “Penghargaan juara 1 MYRES ini merupakan hasil kerja keras semua pihak baik dewan guru, pembimbing dan tentunya Muhammad Iqbal Zia Ulhaq yang selalu tekun belajar,” ucap Idan Nurdiana.

Kata Idan, lomba penelitian Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) yang diselenggarakan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia ini, merupakan ajang latihan menuangkan gagasan kreatif para siswa madrasah di seluruh tanah air dalam bentuk penelitian.

“Tujuan lomba MYRES ini untuk menumbuh kembangkan budaya meneliti di kalangan siswa madrasah, alhamdulillah siswa kami ada yang berprestasi,” kata Idan dengan mimik wajah penuh kebanggan.

Pada pelaksanaan lomba, setiap peserta melakukan presentasi hasil penelitian, lomba poster dan lomba video. Peserta dari MAN 1 Darussalam Ciamis Muhammad Iqbal Zia Ulhaq menampilkan presentasi di hadapan Menteri Agama RI, Lukmanul Hakim.

“Untuk jenjang Madrasah Aliyah, kategori penelitian keagamaan dimenangkan oleh MAN 1 Darussalam Ciamis,” ucapnya.[IS]

No comments