PEMBUKAAN BULAN BAKTI KARANG TARUNA OLEH BUPATI BANDUNG BARAT AA UMBARA MERIAH

Share:

ACARA pembukaan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) yang dipusatkan di lapangan Desa Ciptaharja, Kec. Cipatat, KBB, Sabtu malam 26 Oktober 2019 sangat meriah. Bupati Bandung Barat Aa Umbara yang membuka acara mengaku terpesona dan bangga dengan gempita peserta yang mencapai 2000 orang itu.

Dalam kata sambutannya bupati juga menyampaikan apresiasi bahwa Desa Ciptaharja tempat acara berlangsung Karang Tarunanya yang bernama Giriharja menjadi peserta Lomba Karang Taruna Teladan tingkat nasional setelah Karang Taruna Giriharja menjadi juara tingkat provinsi Jawa Barat.

Bulan Bhakti Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat yang diikuti 16 Kecamatan dan 165 Desa Sekabupaten Bandung Barat tersebut, kata bupati, menjadi tonggak keberhasilan KBB di masa depan yang dimotori Ketua Karang Taruna KBB H. Ujang Rohman, MAg. Bahkan, lanjutnya, KBB akan menjadi kabupaten termaju di masa depan.

"Saya bangga Karang Taruna menjadi garda terdepan pencapaian kemajuan daerah kita," ungkap bupati disambut tepuk tangan hadirin. Bupati berjanji akan selalu mensupport kegiatan Karang Taruna yang sudah memhuktikan bakti dan karyanya yang gemilang dan bermanfaat bagi masyarakat.

Saking puas dengan kemeriahan dan kesuksesan Karang Taruna di BBKT tersebut, bupati langsung menyumbangkan suara emasnya menyanyikan dua buah lagu hit. Sontak saja seluruh peserta dibuat bergoyang dan bupati bak artis papan atas di pentas malam itu. 

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat H. Ujang Rohman, MAg, dalam kata sambutannya mengapresiasi para anggota dan pengurus karang taruna yang sudah menunjukan kinerja luar biasa. Kreativitas para pemuda karang taruna, menurut Ujang Rohman, sudah menunjukan eksistensi di tingkat nasional. Ini membuktikan karang taruna di seluruh unit di KBB sudah bekerja maksimal dan membuahkan hasil. 

Sejurus dengan itu dan seiring berjalannya waktu yang begitu cepat, menurut dosen UIN SGD Bandung ini, Karang Taruna KBB tidak ketinggalan untuk mewujudkan proses digitalisasi pada setiap lini kehidupan. "Sekarang sudah zamannya digital, semua sudah serba onlen, misi perjalanan hingga pesan makanan sudah serba onlen," kata Ujang Rohman.

Tidak dipungkuri, lanjutnya, di kampung saja tukang ngarit, petani hingga pengebun dan anak-anak desa sudah punya smartphone alias hp. Informasi instan hingga pengumuman pemerintah sudah bisa diakses dengan cepat. Karang Taruna KBB juga memanfaatkan digitalisasi itu untuk menyongsong era industri 4.0 yang begitu deras. "Insya Allah kita tidak akan ketinggalan zaman," kata Ujang Rohman yang juga mantan ketua KNPI Kabupaten Bandung Barat  itu. 

Sebagai program andalan Karang Taruna, Ujang Rohman juga merintis tiga kegiatan yang sangat bermanfaat untuk pemuda dan masyarakat. Antara lain LotteMart (Warung Karang Taruna), Pemasangan Wifi Gratis di setiap warung, dan Cuci Motor Portabel. Ini sangat menunjang Usaha Ekonomi Produktif masyarakat yang dimotori Karang Taruna. 

Dihadiri DPR RI
Sementara itu dalam pembukaan BBKT 2019 tersebut hadir pengurus Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) kecamatan dan pengurus juga Kader karang Taruna dari 165 Desa Kekabupaten Bandung Barat yang berjumlah 10 orang per desa dan, Seluruh pengurus Karang Taruna Kabupaten Bandung  Barat. 

Acara yang digelar di tengah-tengah kampung ini pun mendapat perhatian khusus kalangan legislatif. Sejumlah anggota dewan KBB hadir bahkan para ketua komisi seperti komisi 1 dan 3. Salah satu anggota DPR RI daerah pemilihan Kab. Bandung Barat Ryan Firmansyah juga menyempatkan hadir.

Bersama bupati, ketua Karang Taruna KBB, para MPKT, camat Cipatat dan pengurus Karang Taruna Giriharja, secara simbolis memukul kendang (rampak kendang) di atas pentas. Bersamaan dengan itu mercon luncur pun menyeruak gelapnya langit KBB menjadi sangat cemerlang. 

Bulan Bakti Karang Taruna yang dipusatkan di Dess Ciptaharja ini dilaksanakan dua hari mulai 27-28 Oktober 2019. Menampilkan berbagai kegiatan utama dan bakti sosial. Bakti sosial yaitu seluruh kader karang taruna ikut melaksanakan bakti seperti Bedah Rumah, Beberes lembur dan membersihkan sarana prasarana umum seperti masjid, musola dan MCK.

Kegiatan lainnya seperti Gelaran Expo dan Bazar UEP (usaha ekonomi produktif) hasil dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Bandung Barat. Disusul Pelayanan administrasi kependudukan yang bekerjasama dengan Disdukcapil KBB. Ada juga pelayananan AK1 (kartu pencarian kerja) yang biasa disebut kartu kuning. Peninjauan ke tempat UEP yang dimiliki Karang Taruna Desa Ciptaharja. 

Tidak hanya itu BBKT juga diisi kegiatan Membakar (Membahas karang taruna), Ngecamp bersama di lapangan desa Ciptaharja. Ada juga Fun game dan sejumlah lomba.

Ketua Panitia BBKT Suherman Omen mengatakan, BBKT tahun ini menyelenggrakan Lomba bikin film pendek, yakni film dokumenter dan film fiksi. "Tidak disangka, pesertanya cukup banyak sehingga pendaftaran pun diperpanjang waktunya," kata oria yang akrab disapa Kang Omen ini.(*)

No comments